AsahanDaerah

Pimpin Upacara HKN Dan Peringati Hardiknas Tahun 2022, Bupati Asahan Bacakan Pidato Menteri Nadiem Makarim

BeritaNasional.Id – Kisaran, Sumatera Utara – Saat ini era pendidikan sudah bergerak menuju arah kemerdekaan belajar. Dimana para pembelajaran didesak untuk lebih akrab dengan teknologi seraya mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Bupati Asahan H. Surya BSc ketika memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Asahan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (17/05/2022).

Dikatakannya, dahulu pendidikan dan pembelajaran berfokus pada ketercapaian kompetensi, penguasaan materi serta ketuntasan kurikulum. Maka di era Merdeka Belajar saat ini arah pembelajaran bergeser kepada pemenuhan kebutuhan siswa demi kemudahan penggapaian cita – cita.

Nadiem juga menegaskan sebagai generasi muda, kita semua memiliki peran yang besar untuk mewujudkan kemerdekaan belajar. Bukan hanya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan yang perlu diwujudkan melainkan juga penguasaan kompetensi dan literasi digital.

Dalam menyambut momentum Hardiknas tahun ini, kita sebagai anak bangsa perlu meningkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme serta pantang untuk berpatah arang disegala keadaan, ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu sembari menyampaikan pesan Ki Hajar Dewantara yang pernah berkata percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, dan tabah dalam menghadapi rintangan apapun.

Usai membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bupati H. Surya BSc berharap kepada ASN dan Pejabat di lingkungan Pemkab Asahan untuk dapat menghayati dan menekuni apa yang disampaikan tersebut yakni tercapainya merdeka belajar.

Bukan hanya merdeka belajar yang harus kita capai. Tetapi merdeka bekerja juga harus dapat kita wujudkan, pungkas Bupati Asahan yang kemudian dalam kesempatan itu menyerahkan penali kasih kepada 11 orang PNS yang pensiun tahun 2021 dan tahun 2022 serta memberikan piagam penghargaan kepada Tanoto Foundation, Bank Sumut Cabang Kisaran, PT Inalum, PTPN III Perkebunan Sei Dadap dan PT. Sintong Abadi Atas jasa – jasanya dalam memajukan dunia pendidikan di bumi Rambate Rata Raya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button