ACEH

Pj Bupati Aceh Utara Minta OPD Terkait Berkerja Ekstra Turunkan Angka Stunting

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar dapat berkerja ekstra dan segera melakukan intervensi sesuai tupoksinya masing-masung guna menurunkan angka stunting di daerah tersebut.

Penegesan tersebut disampaikan Azwardi saat menerima kunjungan silaturahmi Manager Bidang Program dan Kegiatan Satgas Stunting Provinsi Aceh, Dewi Haryanti, SKM, MKM berserta rombongan di Pendopo Bupati Aceh Utara, Kamis 28 Juli 2022.

Menurut Azwardi yang didampingi Asisten III Drs. Adami, MPd dan Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH, MH, bahwa berdasarkan data yang diperolehnya saat ini menunjukkan angka stunting di kabupaten yang dipimpin nya saat ini masih tergolong tinggi.

Oleh karena itu, perlu di cross cek kembali data tersebut sembari segera melakukan berbagai intervensi oleh semua OPD sesuai tupoksinya, agar angka stunting dimaksud segera melandai atau paling tinggi pada angka 14 persen.

Seraya menambahkan, Azwardi meminta para OPD untuk menciptakan berbagai program terhadap hal dimaksud, dicontohkan seperti program PMTAS, pembenahan panitasi, kampanye hidup sehat, peningkatan kesehatan masyarakat, mengedukasi calon pengantin, asupan gizi yang cukup dan berbagai program lainnya secara serentak.

“Untuk itu desain lah berbagai progrom untuk hal tersebut, misalnya seperti program PMTAS, pembenahan panitasi, kampanye hidup sehat, peningkatan kesehatan masyarakat dan program lainnya dari hulu sampai ke hilir,” tandas Azwardi.

Sementara itu, Manager Program dan Kegiatan Satgas Stunting Prov-Aceh, Dewi Haryanti, SKM, MKM dalam pertemuan tersebut mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Aceh Utara dalam rangka memantau perkembangan dan upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka percepatan penurunan angka Stunting dan diharapkan semuanya dapat berjalan lancar.

Pada waktu yang sama, usai pertemuan tersebut Kepala Dinas DPM-PPKB Aceh Utara Fakhruradhi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan intervensi sesuai kewenangan nya untuk penurunan angka stunting tersebut di Aceh Utara.

“Iya kami akan terus menindak-lanjuti sesuai arahan bapak bupati,” tutupnya. (Fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button