ACEH

PJ Bupati Aceh Utara Sambangi Dapur Dashat di Kecamatan Bayu

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi menyambangi pelaksanaan kegiatan Dapur Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) yang digelar di Gampong Bungong, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (7/12) pagi tadi.

Kegiatan yang difasilitasi DPM-PPKB setempat merupakan Program BKKBN-RI, dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting didaerah tersebut.

Usai meninjau sajian makanan dari Dapur Dashat tersebut, Bupati Mahyuzar dalam arahan nya mengatakan, kedepan kegiatan ini kiranya akan menjadi kegiatan rutin disetiap desa, dengan memanfaatkan dana desa, atau dana lainnya yang bersumber dari desa.

Mengapa begitu, agar makanan sehat dan bergizi seperti ini dapat terus kita suguhkan kepada masyarakat yang kurang gizi, atau keluarga yang beresiko stunting.

Oleh sebab itu Bupati Mahyuzar meminta kepada para Camat dan Geuchik di Aceh Utara agar mengalokasikan  Dana Desa untuk kegiatan seperti ini, maupun untuk kegiatan PMT (Program Makanan Tambahan). Tetapi walaupun anggaran nya nanti agak kecil namun penekanan stunting harus turun juga, tandas Mahyuzar.

Seraya menambahkan, yang paling penting lagi, menu-menu tersebut tidak perlu yang mahal, tetapi menu-nya harus benar-benar memenuhi standar kesehatan yaitu makanan yg Sehat dan bergizi.

Kata Bupati dihadapan Tim Pelaksana Dashat dan Para Kader KB serta sejumlah warga lainnya, bahwa Dapur Sehat atasi Stunting (Dashat), Ini sangat penting dan perlu, sehingga kita terus berupaya memberikan informasi yang baik dan benar kepada Warga kita terkait aneka ragam jenis makanan bergizi.

Selain itu ucap mantan Kepala Biro Humas Aceh itu, sasaran dari peruntukan makanan tersebut juga harus tepat, misalnya Ibu Hamil, Ibu Menyusui/Pasca Salin, Catin (Calon Pengantin) dan anak anak yg beresiko stunting atau anak kurang gizi.

Nantinya para camat harus membuat kegiatan semacam ini di seluruh kecamatan dan  seluruh Desa dengan makanan  khasnya desanya, agar upaya percepatan penurunan stunting didaerah kita cepat terwujud, tandas Bupati Mahyuzar.

Sedangkan Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi,SH.MH dalam sambutan pada acara tersebut melaporkan, bahwa kegiatan Dapur Dashat yang digelar hari ini merupakan hari tiga, dengan menu yang berbeda setiap harinya.

Untuk Tahun 2023 ini pelaksanaan Dashat ini dilaksanakan di 72 Gampong dalam 27 Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, dan kesemuanya itu adalah Kampung KB (Kampung Berkualitas).

Dihadapan Pj Bupati, Fakhruradhi juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada mitra kerja, yaitu Ketua TP-PKK Aceh Utara, Ny.Awirdalina Mahyuzar, Kadis Kesehatan, Ketua Persagi, Para Camat, Ka.Puskesmas, Ka.Balai KB, PLKB, Para Geuchik dan Para Kader, yang telah membantu menyukses kan Dapur Dashat ini, pungkas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button