ACEH

Pj Bupati Aceh Utara Terima Penghargaan Dari Menteri Desa PDTT RI

Berita Nasional.ID | NTB – Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr.Drs.Mahyuzar, M.Si menerima penghargaan dari Menteri Desa PDTT-RI terkait dukungan nya terhadap komitmen pengembangan wisata desa dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Desa PDTT, A. Halim Iskandar diterima oleh Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH.MH mewakili Penjabat Bupati dimaksud, adapun prosesi penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Aruna Senggigi, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB), bersamaan dengan penganugerahan Penghargaan Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, Jum’at (24/11) malam.

Selain kepada Pj Bupati Aceh Utara, penghargaan serupa juga diberikan Menteri Desa kepada Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, dan kepada 15 Bupati dalam Katagori Desa Berkembang dan Katagori Desa Maju Mandiri.

Menurut Gus Menteri, panggilan akrab Menteri Desa PDTT-RI itu, pemberian penghargaan kepada sejumlah kepala daerah dimaksud, karena dianggap berhasil  dalam membina, mendukung dan memfasilitasi desa wisata didaerah nya.

“Selain dukungan dan keseriusan kepala daerah, ternyata kemampuan desa dalam mengembangkan dan mengelola dirinya, juga sudah dapat diandalkan baik itu dari sisi pengembangan ekonomi, wisata, penguatan kelembagaan desa dan tata kelola keuangan desa”, Tandas Halim Iskandar.

Bantayan Juara Tematik Ekonomi

Kepala DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi,SH.MH, disela-sela acara tersebut kepada media ini mengatakan, penghargaan yang diserahkan kepada Pj Bupati Aceh Utara, karena dianggap berhasil dalam melakukan pembinaan terhadap Desa Wisata Bantayan, Kecamatan Seunuddon.

Bersamaan dengan Pemberian penghargaan kepada Pj Bupati, Menteri Desa juga menyerahkan penghargaan kepada Geuchik Bantayan, Kecamatan Seunuddon sebagai juara tingkat nasional desa wisata dengan katagori tematik ekonomi, pada kategori desa berkembang.

Penganugerahan penghargaan dimaksud diserahkan langsung Gus Menteri berikut sejumlah biaya pembinaannya kepada Geuchik Desa Bantayan, Fazal didampingi ketua Pok Darwis-Bantayan, Eddy Amri.

Kata Fakhruradhi yang didampingi Kadis Porapar Aceh Utara, Saifuddin, S.STP, MM, Lolosnya Desa Bantayan menjadi Juara Nasional Bidang Tematik Ekonomi pada Katagori Desa  Berkembang setelah melalui proses seleksi yang panjang.

Yaitu dimulai sejak bulan agustus lalu dengan pengiriman dan pengisian sejumlah dokumen kepada panitia seleksi di Kemendes-PDTT, kemudian dilanjutkan dengan wawancara via zoom meeting, dan pengecekan lapangan oleh tim juri.

Menurut Fakhruradhi keberhasilan yg diraih oleh Gampong Bantayan tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder terkait, DPM-PPKB, Disporapar, Camat Seunuddon, serta kerja keras Geuchik Bantayan itu sendiri, Fadzal Amri, Ketua Pok Darwis, Eddy Amri, Dir.Bumdes Camar Laut, para perangkat desa, Tuha Peut, dan seluruh masyarakat di gampong tersebut, termasuk juga Gampong sekitar, maupun keluarga besar Pok Darwis Aceh Utara.

“Kedepan kita berharap akan muncul Gampong-Gampong lainnya bersama Pok Darwisnya untuk terus membenahi kawasan wisata di desanya, agar mampu mempercantik, memperindah dan menjadikan destinasi wisata dikawasan nya sesuai motto yang selalu didengungkan Kemendes PDTT-RI yaitu desa bisa”, tandas Fakhruradhi.

Seraya menambahkan, selama kepemimpinan Pj Bupati Mahyuzar, walau dalam waktu yang singkat tetapi pihaknya telah mampu membawa Kabupaten Aceh Utara dua kali memperoleh penghargaan terkait dengan Lomba Desa, yaitu Agustus lalu Desa Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu juga memperoleh penghargaan dari Kemendagri sebagai Juara III tingkat regional dan kepala desanya diundang ke Istana Negara pada HUT-RI ke 78 2023.

“Terakhir, kini giliran Gampong Bantayan mendapatkan Juara yaitu sebagai Juara Desa Tematik Bidang Ekonomi Katagori Desa Berkembang”, pungkas Fakhruradhi.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button