AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Pj Bupati Sinjai Pimpin Upacara Hari Kebagkitan Nasional ke- 116 dan HKN

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 116 tahun yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN), Senin (20/05/2024) di Halaman Kantor Bupati Sinjai.

Dalam upacara tersebut, bertindak selaku pembina upacara, Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah.

Harkitnas tahun ini mengsung tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”.

Sambutan seragam Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang dibacakan oleh Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah menyampaikan bahwa dengan tema Harkitnas tahun ini diharapkan dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Ia juga menjelaskan tentang sejarah hari kebangkitan nasional. Dikatakan lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

“Saat ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa”, Sebutnya.

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru

Kemudian Kebangkitan kedua ini merupakan momen penting hari ini. Bangsa Indonesia harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata.

“Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Samnjng Pj Bupati Sinjai dalam sambutan yang dibacakanya.

Upacara Harkitnas dan HKN ini turut diikuti para Forkompinda, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Kepala Rutan Kelas II B Sinjai, dan juga diikuti para Pejabat Pemkab Sinjai.

Usai upacara, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah bersama Forkopimda dan Sekda Sinjai melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangottong, Kecamatan Sinjai Timur. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button