Daerah

Pj Sekda Lakukan Terapi Ikan Nilem Di Kolam Disnakkan

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Di Bondowoso, terdapat jenis ikan terapi yang populer, yaitu ikan Nilem. Ikan tersebut cenderung suka mengerumuni kaki manusia saat ditempatkan dalam kolam. Selain itu, mereka gemar memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kulit manusia.

“Terapi ikan, telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, yakni sebagai metode alami untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kesejahteraan,” kata Pj Sekda, Hj. Haeriyah Yuliati, S.Sos, MM, saat merendam kakinya di kolam berukuran 4x4m yang berisi 1500 ekor ikan Nilem milik Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan), Rabu, 10/7 2024.

Ikan terapi ini, lanjutnya, mudah ketika di budidaya, karena potensi reproduksi mereka yang cukup tinggi. Ikan Nilem Mangut adalah salah satu jenis ikan terapi yang berasal dari Indonesia. Ikan ini dapat ditemukan dengan relatif mudah di perairan Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Ditambahkan, ciri khas dari ikan terapi ini adalah adanya tulang bercabang dengan sirip yang cukup panjang di bagian punggung, mencapai panjang sekitar 18,5 sentimeter. Moncong ikan terapi nilem mangut ini juga memiliki tekstur yang keras, dengan bibir yang seakan tertutup oleh lapisan kulit lain.

Manfaat terapi Ikan untuk kesehatan, rasa nyaman di otot kaki. Terapi ikan ini mampu memberikan rasa nyaman pada otot-otot kaki dalam jangka waktu yang cukup lama. Sentuhan dan gigitan lembut ikan menciptakan sensasi yang sangat menyenangkan, bahkan sedikit mengejutkan, namun bisa membuat otot kaki lebih santai.

Di tempat yang sama, PLT Kepala Disnakkan, Slamet Yantoko, S.Sos, MM menambahkan, manfaat lain dari terapi ikan Nilem, bisae mengatasi stres.

“Terapi ikan juga memiliki manfaat untuk mengatasi stres dan ketegangan. Meskipun hanya dilakukan selama maksimal 15 menit, hasilnya akan membuat kamu merasa lebih rileks dan tenang,” kata Slamet, sapaannya.

Juga, lanjutnya, menghilangkan sel kulit mati. Terapi ikan ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, terutama di area kaki. Jika kamu ingin kaki kamu terlihat lebih bersih dan sehat, terapi ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Ditambahkan, terapi ikan bisa menghilangkan bakteri. Kaki adalah salah satu area tubuh yang rentan terkena serangan bakteri. Saat menjalani terapi ini, ikan akan membantu menyerap bakteri jahat, sehingga dapat membantu mencegah bau tak sedap pada kaki dan bahkan masalah gatal-gatal. (Syamsul Arifin/Advertorial/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button