BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

PKB Sudah Kantongi Calon Pj Bupati Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Jabatan Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin akan berahir pada tanggal 24 September 2024. Untuk selanjutnya, kendali Pemerintah akan dipercayakan pada Penjabat (Pj) Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, H. Ahmad Dhafir, SH, usai memimpin Rapat Paripurna, Kamis 22/6 2023, kepada sejumlah wartawan mengatakan, sesuai aturan, pada tanggal 24 Agustus 2023 atau satu bulan sebelum jabatan Bupati berahir, nama-nama Pj sudah harus disetor ke Kemendagri.

“Oleh karena itu, pada bulan Juli 2023, DPRD akan mulai memproses penjaringan Pj Bupati sesuai perundang-undangan yang berlaku. Masing-masing fraksi mempunyai hak untuk mengajukan nama Pj Bupati,” kata Dhafir, sapaannya.

Di DPRD Bondowoso, lanjutnya, ada 6 Fraksi. Kalau masing-masing mengusulkan nama yang berbeda, maka akan ada 6 nama yang akan dicalonkan. Karena yang diminta 3 nama, maka penyelesaiannya melalui musyawarah mufakat.

Ditambahkan, kalau musyawarah mufakat menemukan jalan buntu makan akan dilakukan voting. Karena proses ini harus cepat, kita di dealine oleh Kemendagri tanggal 24 Agustus 2023 nama-nama Pj Bupati harus sudah dikirim.

Ketika dikonfirmasi, apakah PKB sudah mempunyai kandidat untuk diusulkan menjadi Pj Bupati, secara diplomatis, politisi senior ini mengatakan, ada dong. Suatu saat nanti namanya akan diumumkan ke publik.

“Tokoh yang akan diusulkan PKB adalah harus mampu melanjutkan pembangunan, bekerja untuk kepentingan rakyat, tidak terjebak pada kepentingan politik tertentu, dan fokus melayani rakyat,” kata alumni PP Sidogiri Pasuruan ini.

Dhafir menambahkan, siapapun boleh menjadi Pj Bupati. Mulai dari eksekutif, legislatif, maupun TNI/Polri. Husus untuk TNI/Polri harus mengundurkan diri, bukan cuti untuk bisa didaftarkan sebagai Pj Bupati.

Ketika disebut nama AKBP Bony Jiyanto, mantan Kapolres Bondowoso, Dhafir mengatakan, PKB tidak akan menyebut nama, tapi kriteria. Dan PKB tidak membuka pendaftaran lowongan Pj Bupati, walaupun banyak yang akan mendaftar.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button