AdvedtorialGorontalo

Pokmaswas di Provinsi Gorontalo Diminta Ikut Berperan Menjaga Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan atau yang disingkat Pokmaswas di Provinsi Gorontalo diharapkan ikut berperan menjaga sumber daya kelautan dan perikanan. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Misran Lasantu dalam sambutannya di hadapan para pengurus dan anggota Pokmaswas yang mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Provinsi Gorontalo yang digelar oleh USAID Ber-ikan di Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (30/5/2024).

Dikatakan Misran, bahwa adanya keterbatasan aparat penegak hukum, keterbatasan sarana prasarana, keterbatasan dana pemerintah serta potensi masyarakat sebagai sumberdaya pengawasan yang cukup besar, mampu menjadikan masyarakat sebagai ujung tombak dalam pengawasan.

Dijelaskan pula bahwa Pokmaswas merupakan pelaksana pengawas ditingkat lapangan yang didalamnya terdiri dari unsur tokoh masyarkat, dimana kelompok tersebut dibentuk atas inisiatif masyarakat yang sadar akan pentingnya kelestarian sumber daya kelutan dan perikanan

“Karenanya kami berharap peran besar dari pokmaswas dalam mengawasi dan menjaga sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Misran juga mengatakan bahwa Gorontalo memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup besar sehingga dengan adanya potensi tersebut dalam pemanfaatannya dapat mendatangkan keutungan secara ekonomi bagi masyarakat, namun disatu sisi dapat menimbukan kerusakan bagi lingkungan.

“Disinilah peran penting kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh pokmaswas sehingga sumberdaya perikanan dan kelautan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) secara daring dan luring.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button