TNI Dan Polri

Polda Sulbar gelarRapat Koordinasi Rencana Pelatihan Sispamkota dan Penaggulangan Bencana Alam.

Sulbar.Beritanasional.id – Menyikapi ramalan cuaca BMKG terkait peningkatan curah hujan khususnya di Sulbar yang akhir-akhir ini mengakibatkan beberapa kejadian laka sungai di Karema sekaligus mengantisipasi potensi konflik Jelan Pilkada serentak, Biro Operasi Polda Sulbar rencana akan menggelar pelatihan sispamkota dan pengendalian bencana alam.

Rencana pelatihan ini diawali dengan rapat koordinasi di ruang rapat Biro Operasi Polda Sulbar yang dipimpin langsung oleh Karoops Kombes Pol Moch Noor Subchan di dampingi AKBP Iqbal serta dihadiri oleh perwakilan masing-masing satker, Selasa (7/1/20).

Karoops Polda Sulbar dalam sambutannya menyebutkan guna mengantisipasi ancaman bencana alam maupun potensi konflik pelatihan ini sangat perlu kita lakukan bersama guna meningkatkan kemampuan para personil saat memberikan pelayanan di kondisi rawan.

Intinya kegiatan ini bagemana kita menyikapi kegiatan yang telah terjadi seperti banjir bandang di Jakarta maupu laka sungai karema wilayah Sulbar.

“Perkembangan situasi saat ini intinya kita siap bencana alam dan potensi konflik guna menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif,” tutur Karoops.

Disamping itu, Karoops juga menyampaikan kelemahan kita saat ada bencana adalah kurangnya kemampuan mitigasi hal ini mengenai aksi saat dan pasca bencana sehingga penanganan yan dilakukan kurang maksimal untuk itu melalui kegiatan ini hal itulah yang akan di tingkatkan (kemampuan mitigasi).

Potensi bencana di Sulbar mungkin hanya Longsor, banjir dan gempa bumi sementara tsunami sangat kecil kemungkinan jadi hal ini yang mungkin akan kita prioritaskan, tutur Karoops.

Sementara itu, AKBP Iqbal melanjutkan arahannya terkait rencana pelatihan sekaligus menjelaskan teknis kegiatan sebagai upaya terlaksana dengan baik dan tentunya berdampak pada peningkatan kemampuan personil dalam rangka antisipasi konflik dan tanggap bencana.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan terkait aksi di lapangan harus dibangun sinergitas dengan instansi terkait seperti basarnas dan selainnya agar pelayanan yang diberikan maksimal, tuturnya.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura menyebutkan terkait pelatihan ini akan dilibatkan 250 personil sehingga saat terjadi bencana bisa ditangani dengan baik. Rencana pelatihan sendiri meliputi materi dan praktek yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan ini, tuturnya.

Humas Polda Sulbar

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close