Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Daerah

Polres Gayo Lues Gelar Acara Millennial Road Safety Festival

image_pdf

BeritaNasional.id-Gayo Lues, Aceh-Satlantas Polres Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Minggu 10/03/2019 menggelar acara Millennial Road Safety Festival. Acara yang bertujuan untuk memberikan kesadaran dan ketertiban berlalu lintas tersebut bertempat di depan Bale Musara kabupaten setempat.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Eka Surahman dalam sambutannya menyampaikan, acara tersebut merupakan upaya untuk memberdayakan kaum millennial dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas guna tercapainya tujuan road safety to zero accident. Karena, berdasarkan pernyataan WHO PBB laka lantas, urutan ke-5 manusia meninggal dunia. Pertama disebabkan jantung coroner, Dua, paru-paru, Tiga Diabetes, Empat TBC dan Lima korban laka lantas.

“Dengan target 2011-2020 ada 5 pilar keselamatan menjadi acuan pemerintah Indonesia yang dituangkan dalam Impres No.4 Tahun 3013, lalu amanat UU No. 22 Tahun 2019 pasal 203. Pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya angkutan jalan,” jelasnya.

Kapolres juga menyampaikan, program road safety juga dicanangkan dalam RPJMN Tahun 2015 sampai 2019, berdasarkan Perpres No.2 Tahun 2015, serta grand strategi polri dan renstra polri Tahun 2015-2019 dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, menetapkan 4 program unggulan sebagai quick wins salah satu quick untuk menetapkan kamseltibcarlantas, dari hal tersebut lalu Korlantas Polri membuat program kerja road safety menuju zero accident sebagai berkelanjutan tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

Dalam beberapa tahun terakhir tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Gayo Lues cukup signifikan yang didomisili oleh kaum millennial. Penyebabnya beragam mulai dari padatnya volume kendaraan sementara disisi lain pengendara kurang mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Mudah-mudahan acara ini dapat menimbulkan kesadaran berlalu lintas bagi kaum millennial sehingga dapat meminimalisir dan mengurangi angka kecelakaan,” harapnya.

Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru yang turut hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan, berdasarkan data yang ditemukan di lapangan hampir 30.000 orang meninggal setiap tahun, dikarenakan kecelakaan lalu lintas, “itu berarti 80 orang meninggal setiap hari dan lebih setengahnya adalah generasi muda, generasi millennial, generasi penerus bangsa. Jadi, kepada pengguna jalan raya membawa kendaraan bermotor baik itu kendaraan roda Dua maupun roda Empat, dihimbau agar jangan ugal-ugalan,” himbau bupati Gayo Lues.

Dia mengharapkan, pengguna jalan harus menjaga keselamatan diri sendiri dan juga keselamatan pengguna jalan raya lainnya.

“Ini! kecelakaan bermula dari pelanggaran, mari wujudkan milinial cinta lalu lintas menuju Aceh hebat Indonesia Gemilang. Dengan adanya acara ini mudah-mudahan kita bisa sadar bahwa ketertiban berlalu lintas di jalan raya harus tetap dijaga agar dapat menghidari terjadinya kecelakaan, sebab keselamatan itu lebih penting,” harapnya.

(Abu Bakri)

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close