Maluku

Polres Haltim Gelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020

BeritaNasional.ID, Halmahera Timur – Polres Haltim menggelar latihan pra Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 yang berlangsung di Gedung Tri Brata Polres, Senin (6/7/2020).

Latihan Pra Operasi Bina Kusuma II Kie Raha dipimpin Waka Polres Haltim Kompol Muhammad Arif. Turut hadir dalam latihan Operasi Kabag Ops Akp Jamaludin, para Kasat, Kapolsek, perwira dan 22 Anggota yang terlibat Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020.

Wakapolres menyampaikan bahwa seluruh peserta latihan operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 6 Juli sampai tanggal 20 Juli 2020 merupakan Operasi Kepolisian dengan bentuk operasi Harkamtibmas dalam mencegah wabah Covid-19 dengan mengedapankan Polisi berseragam diarahkan pada sasaran potensi gangguan (PG) dan ambang gangguan (AG) agar tidak terjadi gangguan nyata (GN).

“Tujuan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 untuk mencegah dan menangkal segala bentuk tindakan kriminal atau kejahatan yang diakibatkan oleh prilaku atau tindakan preman dan premanisme akibat dari gejolak sosial ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Arif juga menambahkan sasaran operasi tempat-tempat atau lokasi yang dimungkinkan dapat dipergunakan untuk melakukan aksi preman dan premanisme seperti terminal angkot, terminal pelabuhan penyebrangan laut, areal perbelanjaan umum, parkiran umum serta lokasi lainya, target operasi yakni preman yang meresahkan masyarakat dan penyakit masyarakat.

“Pencegahan preman dan premanisme yaitu mencegah orang tertentu dan menciptakan rasa kedamaian atau rasa keamanan serta tempat tertentu yang rawan dengan gangguan kamtibmas diwilayah Kabupaten Halmahera Timur,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabag ops memberikan arahan kepada para perwira yang ditunjuk sebagai Kasatgas dalam operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 mengendalikan anggota satgas, mengetahui tugas dan tanggung jawab guna tercapainya operasi kepolisian yang dilaksanakan.

Terakhir, selesai arahan yang disampaikan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi masing-masing Kasatgas agar pelaksanaan operasi sesuai dengan harapan dan hasil yang maksimal.

Personil Operasi Bina Kusuma tetap mengimbau kepada warga Haltim agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, selalu menjaga jarak, selalu utamakan kebersihan lingkungan dan tempat tinggal sehingga dapat memutus mata rantai virus Corona (Covid- 19) Imbunya. (Kasubaghumas Polres Jufri Adam)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button