Kalimantan Barat

Polres Sekadau Intensifkan Latihan Dalmas, Memastikan Pengamanan Pemilu 2024

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau semakin intensif dalam melaksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024, yang saat ini sedang berlangsung tahapan kampanye.

Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, melalui Kasat Samapta IPTU Triyono menjelaskan bahwa peningkatan latihan Dalmas ini merupakan bagian dari strategi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Sekadau.

“Sat Samapta sebagai garda terdepan dalam memastikan situasi tetap kondusif saat terjadi kerusuhan dalam pemilu. Oleh karena itu, kami telah merencanakan peningkatan latihan Dalmas, guna meningkatkan keterampilan mereka dalam mengendalikan situasi massa,” ujar IPTU Triyono, Kamis (11/1/2024).

IPTU Triyono, menambahkan bahwa latihan Dalmas tersebut dilaksanakan secara rutin. Materi yang diberikan meliputi teori praktek dan praktek pengendalian massa.

“Penggunaan tongkat, helm, dan tameng dilakukan sesuai dengan SOP. Materi-materi tersebut kita ajarkan secara profesional yang disampaikan oleh Kanit Dalmas,” jelasnya.

“Pada latihan ini, kami juga akan fokus pada pengembangan kemampuan komunikasi persuasif dan negosiasi, sehingga personel kami dapat menghadapi situasi apapun dengan pendekatan yang bersifat preventif,” imbuhnya.

Diharapkan, melalui peningkatan latihan Dalmas ini, Satuan Samapta Polres Sekadau akan semakin siap dan mampu menghadapi segala situasi yang berpotensi menimbulkan kerusuhan atau gangguan keamanan selama periode Pemilu 2024. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button