Jawa Tengah

Pramuka SWK Paguyangan Siap Membantu Penanggulangan Bencana

BeritaNasional.ID, Brebes – Puluhan anggota pramuka penegak Saka Wira Kartika (SWK) Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diberikan pelatihan 5 krida secara berkala oleh Koramil Paguyangan, Kodim Brebes, Senin (30/11/2020).

Pamong SWK Koramil Paguyangan, Sertu Sugeng Widodo menjelaskan bahwa kali ini materi yang diberikan adalah krida Navigasi Darat (Navrat) dan juga krida pioner.

“Untuk materi Navrat kali ini yaitu tentang cara menentukan koordinat dengan menggunakan protektor dan peta, serta pengenalan kompas prisma. Sedangkan untuk pioner yaitu cara membuat simpul hidup dan anyam rangkap, serta membuat tandu dragbar,” jelasnya.

Sementara dikemukakan Ketua Dewan Saka Wira Kartika Koramil Paguyangan, Puput Ega Safitri (18) mewakili rekan-rekannya, bahwa dirinya berharap apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi mereka pribadi maupun bagi masyarakat nantinya karena mereka adalah calon penerus bangsa.

“Kami terus diasah oleh Pamong Saka sehingga diharapkan kami siap membantu TNI dan pihak terkait jika terjadi bencana alam khususnya di wilayah Kabupaten Brebes selatan,” ungkapnya.

Puput juga mengapresiasi pamong saka karena membimbingnya dengan sabar, humoris, dan kekeluargaan.*

Show More

Related Articles

Back to top button