DaerahEks Keresidenan Madiun

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Pacitan

BeritaNasional.ID, Pacitan – Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri PUPR Basoeki  Hadimoeljono, Gubernur Jawa Timur, Forkopimda Jawa Timur, Komisi 5 DPR RI, Bupati Pacitan  meresmikan Bendungan Tukul yang terletak di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, Minggu (14/02/2021).

Peresmian bendungan tersebut ditandai dengan membunyikan sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo

Gubernur Jawa Timur Khofifah menyampaikan laporan bahwa di Jawa Timur terdapat enam bendungan yang dibangun oleh Pemerintah Pusat.  Salah satunya yang diresmikan hari ini Bendungan Tukul.  Pembangunan Bendungan Tukul telah dimulai sejak tahun 2015 sampai 2021.  Bendungan Tukul menghabiskan anggaran 916 Milyar, dengan kapasitas mengairi sawah 600 Ha, dengan kapasitas untuk penyediaan air baku 300 liter / detik, diharapkan dapat bermanfaat.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Bendungan Tukul merupakan bagian dari pembangunan 65 Bendungan di seluruh Indonesia.  Fungsinya pembangunan Bendungan Tukul untuk mencegah terjadinya banjir, menjadi bahan baku air bersih warga Pacitan, serta untuk pengairan sawah 600 ha.

“Untuk pengairan sawah diharapkan 600 Ha lahan sawah yang dapat memanfaatkan untuk ketahanan pangan.  Diharapkan yang semula 1 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija, dengan keberadaan Bendungan Tukul dapat 2 kali tanam padi, dan 1 kali tanam palawija, ” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi meminta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk memaksimalkan keberadaan Bendungan Tukul untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button