NasionalRagam

Presiden Jokowi Umumkan Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Presiden RI ir H.Joko Widodo memutuskan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, hingga 9 Agustus 2021 terhitung sejak 3 Agustus 2021.

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021,” kata presiden Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada senin malam 2/08/2021.

Presiiden Jokowi mengatakan, nantinya PPKM Level 4 ini akan berlaku di sejumlah kabupaten/kota. Namun tidak semua wilayah kabuoaten kota diterapkan, mana yang akan menerapkan PPKM Level 4 akan diumumkan Menteri Koordinator.

“Dengan penyesuaian aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat seusai kondisi di masing-masing daerah, untuk daerah saja yang akan menerapkan PPKM level 4 nantinya akan diumumkan oleh Menteri koordinator,” paparnya.

Presiden mengklaim bahwa PPKM Level 4 yang telah dilakukan sebelumnya telah membawa sejumlah keberhasilan dan perbaikan dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

“Baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase BOR (bed occupancy rate), Perbaikan – perbaikan itu membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4, dengan sejumlah penyesuaian aturan terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat,” ucapnya.

Menurut Presiden Jokowi, Kebijakan Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid-19 akan bertumpu pada 3 pilar yaitu kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah pusat kegiatan mobilitas dan kegiatan ekonomi.

“Kedua penerapan 3 M yang masif diseluruh komponen masyarakat, ketiga testing tracing, isolasi dan traetmen secara masif termasuk penambahan fasikilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat – obatan dan pasokan oksigen, ” sambungnya.

Adapun PPKM Level 4 yang diberlakukan sejak 26 Juli – 2 Agustus 2021, telah membawa perbaikan skala nasional dari pada sebelumnya PPKM darurat.

“Dengan mempertimbangkan, indikator perbaikan dalm minggu – minggu terakhir ini maka pemerintah memutuskan memperpanjang, PPKM Level 4 hingga 9 Agustus mendatang, ” Pungkas Jokowi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button