AcehDaerah

Program Hortikultura Medco Potensi Perekonomian

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Program Hortikultura milik PT Medco E&P Malaka untuk Masyarakat di Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur memberi dampak positif bagi petani dan masyarakat sekitar.

Program tersebut dipusatkan di Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu yang dikelola oleh UPK Indra Makmu dengan melibatkan beberapa kelompok tani di sekitar operasi perusahaan.

Melalui program pemberdayaan tersebut, Perusahaan berharap dapat meningkatkan perekonomian para petani di sekitar Perusahaan. Dimana program ini juga merupakan hasil dari musyawarah Masyarakat dengan Perusahaan Medco.

Adapun jenis bibit yang dibutuhkan masyarakat dari hasil musyawarah adalah durian, mangga, rambutan, lengkeng, jambu Kristal, jeruk, anggur brazil.

Tentunya nanti Indra Makmu akan menjadi pusat pembibitan segala jenis tanaman buah segar yang dapat dipasarkan keluar daerah maupun ke Kabupaten lainnya, dengan begitu nantinya masyarakat tidak harus lagi membeli bibit buah yang didatangkan dari Sumatra Utara.

Sebelumnya, perusahaan Medco telah memberikan sebanyak 6.500 bibit batang bawah dan 305 batang bibit unggul tanaman buah dan perlengkapan pendukung lainya serta mengaktifkan tenaga pendamping lokal untuk petani di pusat pembibitan tersebut.

Melihat potensi tersebut, Gerakan Pemuda Indra Makmu (GPIM) mengapresiasi program Medco, dimana nantinya program ini akan memberi dampak positif secara jangka panjang bagi petani dan masyarakat di sekitar perusahaan.

“kami sangat mendukung program Medco, dengan harapan nantinya dapat berkembangnya perekonomian warga sekitar perusahaan” ungkap Kabit Pemberdayaan Pemuda GPIM Arif, Kamis (23/09/2021).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button