DaerahJawa TimurSitubondo

PT. BA Sampoerna Mengajak Masyarakat Situbondo Berbudidaya Lobster Air Tawar

BeritaNasional.ID, SITUBONDO.JAWA TIMUR – PT. BA. Sampoerna melaksanakan kegiatan Sosialisasi budidaya lobster air tawar. Mengajak masyarakat Situbondo berbudidaya lobster air tawar untuk pemulihan perekonomian dampak covid- 19, Sabtu (9/10/2021).

Sosialisasi yang bertempat di Cafe Panaongan, Jalan Sucipto, Talkandang, dihadiri puluhan peserta dari berbagai Kecamatan se- Kabupaten Situbondo.

Rikhas Prasdiyanto selaku Founder PT Bibit Alam Sampoerna mengatakan, pembudidayaan  lobster air tawar yang sebelumnya hanya dikelola secara mandiri oleh dirinya dan keluarga beberapa tahun lalu kini dapat dirasakan oleh masyarakat banyak.

“Awalnya saya tidak punya pikiran untuk mendirikan perusahaan, karena masih dalam proses pembelajaran mengenai sistem dan mekanisme pelaksanan yang hanya dikerjakan oleh saya pribadi dan keluarga,” ucapnya.

Lebih lanjut Rikhas Prasdiyanto menjelaskan, bahwa terkait dengan besarnya permintaan pasar terhadap lobster air tawar  yang begitu besar, dirinya ingin berbagi sedikit tentang budidaya ini.

“Merasakan dampak perekonomian yang besar akibat adanya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Kami mencoba untuk membuat satu terobosan dengan berbagi sedikit kepada masyarakat terdampak, dengan mengajak untuk berbudidaya lobster air tawar.

“Hanya dengan menggunakan metode dan teknik khusus, mengenai kolam yang semuanya sudah ada di kami. Mulai dari benih lobster air tawar serta pakan. Kesempatan ini kami bagi dengan warga yang sudah bergabung dengan sistem kemitraan,” tambahnya.

Rikhas melanjutkan, secara umum kami melakukan kemitraan yang berbasis masyarakat. Ini untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi, oleh karenanya kami sowan kepada Bupati dan Wabup Situbondo untuk menyampaikan kegiatan kami alhamdulillah direspon.

“Secara point atau simple kegiatan ini disebutnya tanpa resiko, dengan memberi bagi hasil panen pada setiap mitra yang bergabung dengan kami,” bebernya.

Sementara itu, H. Purwanto, Agen resmi budidaya lobster air tawar wilayah Situbondo menjelaskan bahwa, dimasa pandemi Covid- 19 ini ingin mengajak masyarakat pembudidaya untuk bergabung dalam kelompok budidaya lobster air tawar ini karena sangat menguntungkan, bahkan kegiatan kami sudah direspon oleh Bupati dan Wakil Bupati Situbondo.

“Intinya adalah, kegiatan ini untuk pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif yang saat ini betul – betul dibutuhkan masyarakat dampak pandemi covid- 19. Karena hanya diam dirumah saja kita sudah dapat menghasilkan uang,” ucapnya.

Bukan hanya itu saja yang dikatakan H. Purwanto, beliau juga menjelaskan, dimasa pandemi ini, ada kegiatan yang paling bagus dengan diam dirumah tetapi juga menghasilkan uang iya ini, budidaya lobster air tawar.

“Semua media atau peralatan sudah disediakan oleh pihak perusahaan, mulai dari rak, pakan, airator, nutrisi air dan lain sebagainya. ini bisnis paling enak yang tidak beresiko, nantinya masyarakat malah dapat keuntungan seratus persen, bahkan seandainya dalam pembudidaya ini gagal modal akan dikembalikan sesuai surat perjanjian atau MoU yang sudah bermaterai dan ditandatangani oleh notaris. Jadi, uang kita aman, pihak perusahaan juga aman,” lanjutnya.

Dalam budidaya lobster air tawar ini, sambung H. Purwanto, selama satu tahun kita bisa panen empat kali.

“Setelah budidaya berjalan dan sudah panen, kita akan bagi hasil panen dengan perusahaan sesuai dengan perjanjian. Alhamdulillah saya sudah panen dan sudah membuktikannya,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button