BatamDaerah

PT. BBS Batam Butuh 20 Ribu Pekerja, Pemilik Kaget Kepri Termasuk Daerah Paling Banyak Pengangguran. Kemana Orangnya?

Beritanasional.id, BATAM – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia per Agustus 2022. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menduduki urutan kedua dengan persentase mencapai 8,23 persen setelah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebanyak 8,31 persen.

Satistisi Ahli Madya BPS Kepri, Dian Kartika Sari mengatakan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) diĀ  Kepri terhitung perbulan Agustus 2022 mencapai 8,23 persen. ā€œTPTĀ  bulan Agustus Tahun 2022 tercatat 10,37Ā  ribuĀ  orang, masih tinggiĀ  jika dibandingkan dengan pra pandemi Covid-19 pada tahun 2019 yang sebesar 8,01 ribu orang,ā€tukasnya

Hengky Suryawan, Pemilik PT. Bahtera Bestari Shipyard (BBS) mengaku kaget dengan jumlah pengangguran yang ada di Kepri dan termasuk daerah kedua dengan jumlah pengangguran terbanyak di Indonesia. Ia juga mengungkapkan bawa perusahaan miliknya yang begerak dibidang industri galangan kapal itu tengah membutuhkan tenaga kerja 12 ribu hingga 20 ribu orang dan mengaku kesulitan mencari pekerja yang ingin bekerja diperusahaan tersebut. ā€œPerusahaan kami sedang membutuhkan pekerja sebanyak 20 ribu karyawan. Ada juga satu perusahaan lagi yang membutuhkan 12 ribu karyawan. Namun sayangnya calon pekerja itu sangat sulit direkrut, terutama yang berkaitan dengan industi galangan kapal. Baik itu welder, sopir forklift, teknisi crane, helper, dan lainnyaā€ Ungkapnya yang dilansir dimedia Batamnews (14/11/22)

Hengky juga megatakan tentang para Pencari Kerja (Pencaker) pada Job Fair yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam beberapa waktu lalu sangat banyak namun tidak ada yang mengirim lamaran kepada perusahannya. ā€œSaya melihat puluhan ribu orang tumpah ruah di acara Job Fair kemarin bahkan sampai banyak yang jatuh pingsan pada saat itu. Sementara tidak ada yang mengirim ke perusahaan kami yang membutuhkan sangat banyak tenaga kerjaā€ Ujarnya.

Berikut kami paparkan daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia, yang dibagikan BPS berdasarkan provinsi per Agustus 2022 :

  1. Jawa Barat (8,31 persen)
  2. Kepulauan Riau (8,23 persen)
  3. Banten (8,09 persen)
  4. DKI Jakarta (7,18 persen)
  5. Maluku (6,88 persen)
  6. Sulawesi Utara (6,61 persen)
  7. Sumatra Barat (6,28 persen)
  8. Aceh (6,17 persen)
  9. Sumatra Utara (6,16 persen)
  10. Kalimantan Timur (5,71 persen)

(Biru/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button