ACEH

PT PIM Perbaiki Kualitas Tanah Sawah Petani

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) berinovasi mendukung pertanian berkelanjutan di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen, melalui program D’Komposer.

Lalu, apa itu program D’ Komposer? Tentu saja program untuk mengembalikan struktur hara tanah, sehingga penanaman padi kedepannya mendapatkan hasil lebih baik sesuai diharapkan.

Hal itu dikatakan Kepala Humas PT PIM, Zulhadi, usai melakukan panen raya di Gampong Dayah Meunara, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, dalam siaran pers yang diterima, Senin, 8 Mei 2023.

“Ditahun 2023, program D’Komposer ini kita lakukan di Aceh Utara dan Bireuen. Khusus di Aceh Utara hasil pelaksanaan program tersebut produktivitas panen padi dilahan percontohan berhasil didapat GKP 9,4 ton per Ha. Sedangkan di Bireuen belum diketahui menunggu hasil pelaksanaannya,” kata Zulhadi.

Zulhadi mengatakan program itu sementara ini diterapkan di sebaran lahan 20 hektar di Kabupaten Aceh Utara pada MT Rendengan dan MT Gadu 2023 dan 30 hektar di Kabupaten Bireuen.

Kedepannya, program itu terus akan berlanjut dan PT PIM akan selalu memberikan pendampingan kepada para petani bersama instansi pertanian dalam hal ini Penyuluh Pertanian setempat seperti yang di lakukan dengan BPP Kecamatan Kuta Makmur sekarang ini.

Program D’Kompuser di Desa Dayah Menara ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara melalui BPP Kecamatan Kuta Makmur, capaian luar biasa peningkatan produktivitas panen petani ini tidak lepas dari kontribusi luar biasa pembinaan tim Penyuluh Pertanian lapangan kecamatan Setempat yang di koordinir oleh Nurrahim SP sebagai Kepala BPP dan Aiyub SP sebagai penanggung jawab di WKPP desa tersebut.

“Setelah diterapkan mekanisme D’Kompuser dan pendampingan secara intensive oleh tim penyuluh Pertanian hasil panen padi didapatkan meningkatkan hingga mencapai 9,4 ton,” katanya.

Sementara itu, Keuchik Dayah Meunara, Lukman mengatakan, setelah diterapkan program tersebut ada peningkatan dengan hasil panen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dalam satu meter lahan persawahan ada peningkatan hasil panen 1 kilogram. Tentu kami sangat berterima kasih kepada PT PIM yang terus mendampingi para petani dan kami pun mendukung penuh dengan program tersebut,” pungkasnya. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button