Megapolitan

Puncak Arus Balik Liburan Akhir Tahun Diperkirakan Malam Ini

BeritaNasional.ID Jakarta – Arus balik liburan Tahun Baru 2019 diperkirakan terjadi hari ini, Selasa (1/1/2019). Peningkatan volume lalulintas yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Jakarta diprediksi mencapai 95.000 kendaraan (meningkat 76 persen dari hari ormal yang 53.849 kendaraan).

Irra Susiyanti, Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dalam siaran persnya hari ini menyebutkan peningkatan lalu lintas signifikan dengan diprediksi terjadi di GT Ciawi 2 (arah Jakarta), yaitu sebanyak 44.614 kendaraan. Ini berarti meningkat 112 persen dibanding hari normal yang mencapai 21.089 kendaraan.

Hal sama terpantau pada peningkatan volume di GT Pasteur arah Jakarta 34,69 persen (36.606 kendaraan) dari volume normal 27.177 kendaraan.

Menghadapi arus balik libur Tahun baru yang diprediksi terjadi hari harfi ini, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi. Di antaranya adalah mengpptimalisasi gardu operasi di gerbang tol, penggunaan gardu reversible untuk mengurangi antrean di gerbang tol, pemanfaatan mobile reader, melayani pembelian dan top up uang elektronik di beberapa gerbang tol dan rest area.

Selain itu, menambah personil untuk perbantuan tapping uang elektronik dan bekerjasama dengan polisi ntuk melakukan contra flow dan distribusi beban lalu lintas jika dibutuhkan. Belum lagi penertiban pembatasan operasi angkutan barang sesuai Keputusan Menteri Perhubungan.

Selain itu, Jasa Marga juga mempercepat penanganan gangguan, menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan.

Khusus untuk di Jalan Tol Jagorawi dilakukan kanalisasi pada akses setelah GT Cibubur 2 untuk mengantisipasi crossing dan perlambatan kendaraan pengguna jalan dari Puncak (saat one way turun diberlakukan). Sedangkan khusus untuk GT Cikarang Utama, jika terjadi antrean dan atas diskresi polisi, arus kendataan dialihkan ke GT Cikarang Barat untuk kemudian masuk kembali melalui Kanal GT Cikarang Utama.

Jasa Marga juga melakukan zoning rest area untuk memudahkan pengguna jalan sesuai dengan kebutuhannya dan penyiapan Rest Area Monitoring System. Sistem ini akan menginformasikan ketersediaan parkir di tempat istirahat tersebut.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanannya untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas. Di samping itu, dipastikan pula kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa. (dki1/bn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button