Daerah

Puskesmas Kaputu Mengadakan Vaksinasi Jenis Moderna Tahap I Kepada Masyarakat Tingkat Kecamatan Sasitamean

BeritaNasional.ID-Malaka,-Pemerintah Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, melalui Puskesmas Kaputu, mengadakan Vaksinasi Corona Virus Disease 19 (Covid 19), jenis Moderna, kepada masyarakat yang berdomisili di 9 Desa se – kecamatan Sasitamean, Senin (30/8/21), di halaman Puskesmas Kaputu, sekitar Pukul 08.30 WITA sampai selesai.

Sebelum melaksanakan kegiatan Vaksinasi, salah satu Tenaga Kesehatan Puskesmas Kaputu, Stefanus Seran menerangkan efek samping dari pada menerima vaksinasi ini. Bereaksi kurang lebih dua hari.

“setelah menerima vaksinasi ada sedikit rasa nyeri dan sakit di sekitar tempat suntikan,” Katanya.

Ia juga menegaskan kepada masyarakat agar jangan takut di Vaksin. “jangan ragu dan takut karena saya sudah melakukan vaksinasi jenis moderna”. Ujarnya.

Dikatakan Stefanus, bahwa untuk meringankan rasa sakit dan nyeri dari efek samping vaksin tersebut, maka perlu adanya aktivitas seperti biasanya atau melakukan aktivitas seperti hari-hari sebelumnya, sehingga bisa meringankan rasa nyeri atau rasa sakit tersebut.

“Kita berharap agar penerima vaksin tetap menjaga jarak dan patuhi prokes 5M, agar pelayanan vaksinasi ini berjalan dengan lancar,” pintanya.

Sementara Kepala Puskesmas Kaputu, Blandina Dahu A.Md.Keb, kepada wartawan mengatakan bahwa hari ini dari pihak Puskesmas Kaputu melayani vaksinasi tahap satu, jenis vaksinnya adalah Moderna. Masyarakat cuma membawa KTP/KK, dalam menerima Vaksin ini.

Blandina menjelaskan bahwa target penerimaan Vaksin pada hari ini berjumlah untuk 100 orang saja. Karena ketersediaan vaksin juga sangat terbatas.

“Kita lihat perkembangan hari ini apakah nanti akan mencapai target 100 orang atau tidak”. Ucapnya.

Lanjutnya, Jika hari ini mencapai target 100 orang yang menerima vaksin maka, sampai dengan hari ini yang sudah menerima vaksin tahap 1 yang sebelumnya berjumlah 793, bertambah menjadi 893 orang penerima vaksin.

Pada kesempatan itu, Ia juga meminta agar masyarakat yang berada di sekitar halaman Puskesmas tetap menjaga jarak dan patuhi prokes 5M, sebekum menerima Vaksin.

Ia juga mengaku bahwa Sejauh ini dari pihak Puskesmas sudah melakukan sosialisasi, dan himbauan kepada masyarakat Sasitamean agar Turut berpartisipasi aktif dalam mengawali program pemerintah yaitu masyarakat wajib melakukan vaksinasi.

“kepada masyarakat Sasitamean agar tetap taat pada protokol kesehatan 5M, sehingga dapat mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran covid 19,” Tutupnya. (DT)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button