Bencana alamDaerahSumateraSUMUT

Puting Beliuang Hantam 130 Rumah Warga di Besitang-Langkat

BeritaNasional.ID, Langkat – Hujan deras disertai angin kencang (angin puting beliung) menghantam pemukiman warga di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu sekitar pukul 16.00 Wib.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Irwan Sahri, kepada beritanasional.Id, mengatakan, kejadian bencana alam puting beliung terjadi pada Minggu sore. Sebanyak 130 KK yang terkena bencana alam puting beliung. Pemukiman warga yang terkena, diantaranya di Kelurahan Kampung Lama, terdapat 13 KK, 1 sekolah, 1 mesjid dan 1 kios dangan.

Kemudian Kelurahan Bukit Kubu, terdapat 8 Kepala Keluarga (KK) yang terkena. Serta di Kelurahan Pekan Besitang, terdapat 109 KK terkena bencana alam puting beliuang.

“Total rumah warga yang terdampak/terkena angin puting beliung di Kecamatan Besitang berjumlah 130 KK,” sebut Irwan sahri.

Akibat angin puting beliung saat itu, atap rumah warga lepas/terbang, terdapat pepohonan yang tumbang menimpa rumah warga, dan memutuskan jaringan listrik. Namun saat ini, listrik sudah menyala kembali.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa bencana alam tersebut. Kini masyarakat beraktifitas memperbaiki dan membersihkan rumah masing-masing.

Saat ini upaya yang dilakukan, diantaranya berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pihak kelurahan, untuk memverifikasi data warga yang terkena, agar dapat di kategorikan Rusak Ringan (RR), Rusak Sedang (RS) dan Rusak Berat (RB).

Kemudian memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG dan menyampaikan kepada pihak kecamatan atau pihak kelurahan. Melaksanakan posko siaga bencana di kantor BPBD, sebut Irwan Sahri. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button