Jawa TimurRagamSitubondo

Raih Piala Adipura, Bupati dan Wabup Situbondo Serahkan Sembako Serta Uang Tunai Kepada 524 Petugas Kebersihan

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR  – Sebanyak 524 Petugas Kebersihan dan Pemelihara Taman pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo mendapat bantuan paket sembako serta uang tunai dari Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo Nyai Khoirani, Penyerahan sembako dan uang tunai yang berlangsung di pendapa Arya Situbondo ini disaksikan kepala Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, Senin (6/3/2023).

Pemberian bantuan sembako dan uang tunai kepada 524 Petugas Kebersihan dan Pemelihara Taman tersebut, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Daerah Situbondo atas perannya dalam menjaga kebersihan, sehingga Kabupaten Situbondo memperoleh Trophy dan Piala Adipura katagori Kota Kecil dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pihaknya bakal mengalokasikan anggaran untuk uang lembur ratusan petugas kebersihan dan pemelihara taman pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo. “Saya pastikan tahun 2023, mulai di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) akan ada uang lembur untuk 524 petugas kebersihan dan pemelihara taman sudah masuk di dalam APBD,” janji Bung Karna, sebutan akrab Bupati Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan, Bung Karna, namun dia juga berjanji akan menaikan honor petugas kebersihan dan pemelihara taman pada tahun 2024 mendatang. “Karena petugas kebersihan dan pemelihara taman ini tidak masuk dalam rencana PPPK, maka Pemerintah Kabupaten Situbondo terus memperhatikan kesejahteraannya. Maka dari itu, di tahun 2024 mendatang, nanti honornya akan saya tambah,” tegas Bupati Karna.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas PUPR Bondowoso ini menyampaikan bahwa, pihaknya juga akan melayangkan surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia agar petugas kebersihan dan pemelihara taman di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Situbondo bisa masuk dalam rekrutmen PPPK.

“Petugas kebersihan itu tidak masuk dalam rekrutmen PPPK. Buatkan saya surat yang ditujukan kepada Kemenpan-RB agar petugas kebersihan itu juga dimasukkan dalam usulan PPPK. Karena mereka berkontribusi menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” pinta Bupati Karna kepada Kepala BKPSDM Kabupaten Situbondo.

Bung Karna juga berharap petugas kebersihan dan pemelihara taman bisa meningkatkan kinerjanya. Sehingga Kabupaten Situbondo kembali meraih Piala dan Trophy Adipura pada tahun depan. “Semoga usulan kalian masuk PPPK nanti bisa tidak diterima oleh Kemenpan-RB,” pungkasnya.

Dilain pihak, Kepala Dunas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo, Akhmad Yulianto, menjelaskan bahwa fokus penilaian Adipura Tahun 2022 lalu adalah pengolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Alhamdulillah, DLH Situbondo telah memiliki tiga TPA. Diantaranya TPA di Sliwung untuk wilayah tengah, di TPA Asembagus untuk wilayah timur dan TPA di Banyuglugur untuk wilayah barat,” ujar Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Situbondo ini.

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button