Daerah

Rakor Bersama (DTPHP) Sinjai, Bupati ASA Serahkan Sarana dan Prasarana

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Bertempat di aula Wisma Sanjaya, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Program dan kegiatan tahun 2024 yang dirangkaikan dengan evaluasi kinerja triwulan I dan II Tahun 2023. Kamis (11/5/2023)

Tujuan dilaksanakannya Rakor ini untuk memperkuat data-data pendukung, dan meminta penyuluh untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibutuhkan dalam pengajuan proposal ke Kementan di termin pertama yang telah dibuka sejak 9 Mei hingga 9 Juni 2023 mendatang.

Seolah menegaskan kembali, Kamaruddin yang merupakan Kadis TPHP Sinjai mengatakan, Rakor yang diselenggarakan ini untuk melakukan evaluasi triwulan I dan II karena saat ini telah keluar rencana kerja (Renja) Kementerian Pertanian (Kementan).

Ia juga menghimbau kepada seluruh penyuluh pertanian agar menyiapkan data yang akan menjadi file pendukung dalam rangkaian penyusunan.

“Jadi kita harapkan kepada seluruh teman-teman penyuluh menyiapkan data pendukung yang menjadi syarat dalam pengusulan program kegiatan di tahun kedepan yang saat ini sudah mulai terbuka di Kementerian,” Ujarnya

Sedangkan menurut Bupati ASA, banyak tantangan yang dihadapi dengan kondisi yang sekarang ini, namun itu semua dapat dilalui berkat peran penting penyuluh pertanian yang senantiasa bekerja dan bersentuhan langsung dengan petani dibawah.

Ia menambahkan, jika penyuluh merupakan ujung tombak, sebab sektor pertanian dan perkebunan adalah salah satu sektor bahkan menjadi sektor utama dalam menopang perekonomian di Kabupaten Sinjai.

“Penyuluh pertanian menjadi orang yang paling dicari oleh petani kita, makanya peran penyuluh pertanian sangat dibutuhkan dalam mengawal dan melakukan pembinaan guna meningkatkan kesejahteraan petani kita,” Tuturnya

Bupati ASA berharap komoditi unggulan di Kabupaten Sinjai seperti padi dan jagung dapat betul – betul diperhatikan. Menjadi fokus utama dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Maka dari itu, Bupati ASA meminta Kadis TPHP Sinjai untuk terus meningkatkan kualitas penyuluh pertanian.

Puncak dari kegiatan ini yaitu penyerahan sejumlah sarana dan prasarana penunjang kepada para penyuluh pertanian Oleh Bupati ASA. Adapun sarana dan prasarana tersebut meliputi sepeda motor (kendaraan dinas), Laptop serta melepas secara simbolis bantuan benih padi yang disalurkan ke kecamatan untuk 5.000 hektar.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button