Eks Keresidenan Madiun

Rakor Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat Magetan 2022

BeritaNasional.ID, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Magetan mengadakan  Rapat Koordinasi Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM),bertempat di Magetan Park pada Selasa (22/11/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Kepala OPD ,  Camat, Kepala Desa /Kelurahan, Kelompok Masyarakat, Fasilitator, Pendamping, dan para tamu undangan lainnya.

Berdasarkan informasi, bahwa Kabupaten Magetan pada tahun 2022, mendapatkan alokasi pendanaan melalui Program IBM (Infrastruktur Berbasis Masyarakat) sebesar Rp 9.954.294.000,- dari Kementerian PUPR.

Dari jumlah dana tersebut, telah digunakan untuk beberapa program diantaranya sebagai Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Program Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), Program Sanitasi Berbasi Masyarakat (SANIMAS, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal (IPAL Komunal.

Kepala Bappeda Litbang, Elmy Kurnianto Widodo mengatakan, program tersebut adalah berasal dari kebutuhan masyarakat. “Berasal dari masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat sendiri,” kata Elmy

Sedangkan tingkat keberhasilannya nanti tergantung dengan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) pemelihara dan pemanfaatannya  kelurahan dan desa.

Bupati Suprawoto menjelaskan bahwa dana alokasi ini sangat diperlukan karena bernilai besar, terlebih Magetan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kecil.

“ Saya selalu memantau, program ini sangat menyentuh masyarakat dan kualitasnya sangat bagus hari ini evaluasi pelaksanaan. Mudah-mudahan tahun depan dapat lagi” tandasnya (mei)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button