DaerahSUMUT

Rakornas Kearsiapan di Pekan Baru, Elpandi: Bupati Zahir Akan Bangun Depo Arsip

BeritaNasional.ID, Batubara Sumut – Kepala Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Batubara Elpandi, S. Ag, MH didampingi Kabid Arsip Maya Sukanti, S. Sos ikuti Rapat Koordinasi Kearsipan Tahun 2022 soal Pengawasan Kearsipan, dan Anugerah Kearsipan.

Rakornas kali ini sekaligus melaksanakan Peringatan Hari Kearsipan ke-51 dengan tema ‘Transformasi Digital Kearsipan, dan Memori Kolektif Bangsa’ yang dilaksnakan di Pekan Baru selama tiga hari dimulai 16 – 18 Mei 2022.

Kadis Perpusda Elpandi saat dikonfirmasi melalui WhatsApp nya, Rabu (18/05/2022) menyebutkan bahwa kehadirannya mengikuti Rakornas ini, sesuai perintah Bupati Batubara menuju Transformasi Digital Kearsipan.

“Pentingnya arsip di Pemerintahan ini, diibaratkan jika tanpa arsip seperti perang tanpa senjata, dan di bidang arsip ini bapak Bupati Ir. Zahir, M.Ap mendukung bahkan InsyaAllah beliau akan membangun depo arsip. Ini adalah salah satu visi misi Bupati Batubara,” sebutnya.

Depo arsip ini Elpandi menjelaskan, tempat dokumen yang akan di arsipkan, dengan sebuah gedung dan ruang penyimpanan arsip yang dirancang dengan struktur khusus, guna memenuhi kebutuhan terhadap pelindungan arsip, serta mengutamakan tugas pemeliharaan dan perawatan arsip.

“Negara akan sukses bila arsip sudah tertata rapi, nah demikian juga dengan Daerah Batubara yang kita cintai ini,” cetusnya.

Pemeliharaan dan penjagaan dokumen ini sesuai berdasarkan Perda nomor 11 tahun 2021 tentang Kearsipan.

Dalam Rakornas yang dihadiri selurus Kepala Perpustakaan Daerah se-Indonesia ini, perwakilan Kabupaten Batubara Elpandi sempat berbincang persoalan kersiapan dan perkembangan literasi (minat baca) di Era Digital bersama Pembina Arsiparis Wilayah Sumut, Kepala Arsip Daerah Jawa Barat, Arsiparis senior dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Arsiparis ITB dan Kementerian Agama Pusat. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button