Daerah

Rangkaian serta Detik – Detik Proklamasi di Aceh Tamiang Tanpa Dihadiri Ketua DPRK

BeritaNasional, ACEH TAMIANG — Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan setiap tahunnya tentu memiliki makna yang sangat mendalam bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Wakil Ketua I DPR DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH saat Pelaksanaan Upacara Pawai Obor di Tamam Makam Pahlawan Kota Kualasimpang sebagai Inspektur Upacara, Rabu (16/8/2023)

Perayaan kemerdekaan yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus tidak hanya sekadar merayakan sebuah peristiwa sejarah, namun juga memperingati pengorbanan dan semangat yang membentuk identitas dan jati diri bangsa Indonesia.

Namun pada kenyataannya Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto yang juga merupakan Ketua DPC Partai Gerindra yang notabanenya sebagai pemenang Pemilu 2019 lalu di Aceh Tamiang tidak terlihat dalam rangkaian serta Detik-detik Proklamasi.

Wakil Ketua I DPR DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH saat mebaca Teks Proklamasi pada Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi RI ke 78 di Lapangan Tribun kantor bupati setempat, Kamis (17/8/2023). Foto : Beritanasional.id

Seharusnya sebagai Ketua DPRK Aceh Tamiang bersama Forpimda lainnya selalu berdampingan saat pelaksanaan rangkaian serta Detik-detik Proklamasi.

Seperti data yang dihimpun Beritanasional.id menyebutkan tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 adalah “Terus Maju untuk Indonesia Maju” melakukan rangkaian serta Detik-detik Proklamasi yang dimulai dari tanggal 16 – 17 Agustus 2023 tercatat tujuh kegiatan masing-masing :

1 Rabu (16/8/2023) Pukul 7.00 WIB Pelaksanaan Upacara Nasional di Tamam Makam Pahlawan Kota Kualasimpang dengan Inspektur Upacara Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi.

2. Rabu (16/8/2023) Pukul 21.00 WIB Pelaksanaan Upacara Pawai Obor di Tamam Makam Pahlawan Kota Kualasimpang dengan Inspektur Upacara seharus Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST namun karena tidak hadir diwakilkan oleh Wakil Ketua I DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, SH.

3. Rabu (16/8/2023) Pukul 24.00 WIB Pelaksanaan Upacara Apel Kehormatan dan Renunga Suci di Tamam Makam Pahlawan Kota Kualasimpang dengan Inspektur Upacara Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis, S.I.K, M.H

4. Kamis (17/8/2033) Pukul 8.30 WIB Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi di Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang dengan Inspektur Upacara Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH.

5. Kamis (17/8/2023) Pukul 11.00 WIB semua unsur Forpimda melakukan Kunjungan Anjangsana di dua titik lokasi yaitu Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kualasimpang serta Sekolah Luar Biasa Aceh Tamiang.

6. Kamis (17/8/2023) Pukul 16.30 Pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang dengan Inspektur Upacara Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH.

7. Kamis (17/8/2023) Pukul 20.10 WIB semua unsur Forpimda beserta unsur lainnya melaksanakan Resepsi di Pendopo Bupati Aceh Tamiang.

Dari tujuh kegiatan ini sosok ketua DPRK Aceh Tamiang tidak ada, padahal di Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi di Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang Ketua DPRK mendapat tugas untuk membacakan ‘Teks Proklamasi’. Karena tidak hadir maka kembali digantikan dengan Wakil Ketua I DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, SH. Sementara Wakil Ketua II DPRK Aceh Tamiang Muhammad Nur mengikuti semua rangkaian dan Detik-Detik Proklamasi.

Bahkan menurut informasi Ketua DPRK Aceh Tamiang Suprianto HUT RI ke 77 tahun lalu juga tidak hadir.

Terkait tidak hadirnya dalam rangkaian serta Detik-detik Proklamasi tersebut, Ketua DPRK Aceh Tamiang Suprianto, ST dikomfirmasi Beritanasional.id, Selasa (22/8/2023) melalui pesan WhatsApp mengatakan bahwa dirinya menghadiri Undangan Bapak Presiden di Detik – detik Proklamasi di Istana dan Acara Partai.

Disamping itu Suprianto juga mengirimkan bukti undangan dari partai seperti yang terlihat dalam screnshot dibawah ini.

Screnshot

 

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button