Soppeng

Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Soppeng

BeritaNasional.ID, Soppeng – Telah berlangsung rapat koordinasi penanganan Covid-19 Kabupaten Soppeng di Aula Makodim 1423 Soppeng, Selasa (14/7/2020).

Dalam rapat tersebut dibahas tentang pendisiplinan protokol kesehatan guna mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di wilayah Kabupaten Soppeng.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Soppeng, H.A.Tenri Dessy mengatakan Covid-19 meningkat setiap harinya karena kurangnya kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Namun, Pemerintah daerah saat ini terus berupaya melakukan langkah dalam memutus mata rantai Covid-19 yang di antaranya Pemeriksaan swab dan rapid secara gratis, serta penjagaan di perbatasan.

“Penjagaan perbatasan akan diperpanjang dan lebih diperketat mulai tanggal 15 Juli sampai tanggal 4 Agustus 2020,” ujarnya.

Adapun beberapa pemaparan Dandim 1432 Soppeng yakni:
1. Razia
Pelaksanaan razia akan dilaksanakan secara tertutup terutama di warkop dan warung lainnya dengan menggunakan sistem denda kepada pemilik yang melanggar protokol kesehatan berupa pencabutan izin.

2. Penyemprotan
Penyemprotan disinfektan dilaksanakan di tempat yang menjadi pusat perkumpulan masyarakat terutama di pasar dan pusat perbelanjaan.

3. Edukasi
Melaksanakan upaya penanganan secara pasif dan aktif, yaitu melaksanakan PAM Swakarsa sebagai ujung tombak di wilayah perbatasan, serta membantu pemerintah memonitorin dan mendata warga yang keluar masuk di Kab. Soppeng.

4. Pam Perbatasan
Keterbatasan personil agar camat membantu dengan pam swakarsa.

5. Tracking
Rapid yang kita lakukan sangat baik dalam rangka memutus mata rantai namun angka positif semakin meningkat tapi hal itu harus dilaksanakan.

6. Isolasi/ Rehabilitasi
Korban Covid-19 yang dinyatakan sembuh agar tetap diisolasi selama 3 hari secara mandiri. Agar pemerintah kecamatan mendata dan mengawasi masyarakat yang dinyatakan sembuh.

Selanjutnya, Dandim 1423 Soppeng menyerahkan cendramata kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Sat Pol.PP Damkar, turut mendampingi Sekkab serta Kabag OPS Polres Soppeng.

Kapolres Soppeng yang diwakili Kabag OPS Kompol Muh.Gudri menjelaskan bahwa saat ini pihak Polres Soppeng sudah menyiapkan posko Balla Ewako yang dilengkapi pengamanan kesehatan, guna pencegahan Covid 19.

Ia juga menyampaikan agar para camat aktif dalam hal memberikan imbauan kepada mayarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah. (Rls/Br)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button