DaerahRagamSumateraSUMUT

Ratusan Masyarakat Desa Kwala Serapuh Pertahankan Excavator Tidak Dibawa Polhut

BeritaNasional.ID, Langkat – Ratusan masyarakat dari Dusun I Tengah dan Dusun II Pematang Jaya, Desa Kwala Serapuh, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, tetap mempertahankan Excavator tidak dibawa Polisi Kehutanan (Polhut) Sumut, atau pihak KPH Wilayah I Stabat.

Informasi dirangkum beritanasional.id, Rabu malam (7/12/2022), warga tetap bersikeras, excavator tidak dibawa Tim Polhut, karena warga menginginkan perbaikan tanggul/benteng yang rusak/jebol serta mempertinggi tanggul yang rendah. Warga berharap dengan perbaikan tanggul pelingkup pemukiman warga, rumah warga tidak lagi terkena air pasang laut.

“Sudah 2 tahun pemukiman warga kerap digenangi banjir pasang laut. Untuk itu warga kami hanya minta pihak Polhut atau KPH membiarkan excavator memperbaiki tanggul,” sebut Ketua BPD Kwala Serapuh, TM Tonggo, dan masyarakat pada malam itu.

Sebelumnya diketahui, sempat dilakukan mediasi oleh pihak Pemerintahan desa Kwala Serapuh di Kantor Desa Kwala Serapuh, yang turut dihadiri Plt Kasi KPH Wilayah I Stabat, Tanta Perangin -Angin, S.Hut, MSi bersama tim Polhut, personil Polsek Tanjung Pura yang dipimpin Kanit Reskrim Tanjung Purra IPTU Hermawan, S.H, dan Babinsa Koramil 11 Tanjung Pura. Warga bermohon, tetap minta excavator memperbaiki tanggul yang rusak.

Dalam rapat mediasi tersebut, pihak Polhut dan KPH juga sempat menyampaikan tentang Undang-Undang kehutanan, seperti terkait perambahan hutan, kerusakan hutan, dan aturan lainnya secara singkat.

Disisi lain, pihak Polhut berharap excavator tetap dibawa. Namun kembali warga bersikeras tetap mempertahankan alat berat beko/excavator bekerja memperbaiki tangggul pemukiman warga.

Hingga pukul 12. 05 WIB, warga tetap menjaga excavator, dan akhirnya, untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan, dan memghindari amukan masyarakat, serta permohonan warga ke pihak Polhut, akhirnya alat berat tidak dibawa.

Pihak Tim Polhut dan KPH memilih balik arah dan kembali membawa Ponton/Tongkang pulang. (Reza)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button