DaerahJawa TimurPemerintahanReligiSitubondo

Rayakan Tahun Baru Islam, Pemkab Situbondo Gelar Pawai Lampion

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo menggelar pawai lampion dan pesta kembang api yang berlangsung di depan Pendopo Aryo Situbondo Jalan Kartini Situbondo, Selasa (18/7/2023), malam.

Pawai lampion yang di lepas oleh Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi MM bersama Kapolres Situbondo dan Forkopimda lainnya tersebut, diikuti 62 regu siswa SMP, MTs, dan SMA negeri maupun swasta atau sederajat. Acara ini berhasil menciptakan atmosfer kegembiraan masyarakat di Kabupaten Situbondo.

Wawan Setiawan selaku Ketua panitia perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah dalam sambutannya mengatakan, sebelum melaksanakan pawai lampion ini, kegiatan perayaan Tahun Baru Islam diawali dengan pengajian umum dan Sholawat Munjiyat bersama KHR Achmad Azaim Ibrahimy dan JS Bhinning Sokarajjeh yang berlangsung di lapangan Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota, Kabupaten Situbondo dihadiri 29.800 Jama’ah atau peserta yang tercatat pada Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Perlu saya laporankan bahwa pawai lampion ini merupakan rangkaian dari perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah yang sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan lainnya. Pada pawai lampian ini, kita melibatkan 62 regu siswa siswi SMP, MtS, SMA, SMK dan MA baik swasta maupun negeri,” jelas Sekda Wawan Setiawan selaku Ketua Panitia penyelenggara perayaan Tahun Baru Islam.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya menjelaskan bahwa hijrah memiliki arti perjuangan dari keadaan yang buruk menuju keadaan yang lebih baik. “Peringatan ini menjadi momen penting untuk melakukan introspeksi diri dan berupaya menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Bupati Situbondo yang akrab di panggil Bung Karna.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan, komitmen pemerintah dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Situbondo terus dilakukan. “Selama tiga tahun menjabat sebagai Bupati Situbondo, pemerintah telah melakukan berbagai pembangunan, seperti membangun infrastruktur jalan dan memasang lampu penerangan jalan,” ujarnya.

Upaya ini dilakukan, kata Bung Karna, guna meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo. “Seiring dengan dicabutnya status pandemi COVID-19 oleh pemerintah pusat, saat ini Pemkab Situbondo mampu membuat inovasi bibit padi unggul BK 01 dan BK 02 serta menciptakan Mangga Arum Manis Merah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Situbondo,” ujar Bupati Karna.

Tak hanya itu yang disampaikan Bung Karna, namun dia meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo dalam menghadapi tahun politik agar tidak terpecahbelah dengan beda pilihan. “Jangan sampai perbedaan pemilihan politik menjadi permusuhan diantara kita. Perbedaan pilihan harus bisa menjadi penguat untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Situbondo,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Karna, mari bersama-sama menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan di Kabupaten Situbondo. “Karena hanya dengan persatuan dan kesatuan, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan berbagai pembangunan di Kabupaten Situbondo bisa kita laksanakan dengan baik,” pungkasnya. (As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button