BondowosoDaerahJawa Timur

Relokasi Rumah Terdampak Banjir Di Lahan Perhutani Diresmikan Gubernur Jatim

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso Ir. Ronny Merdyanto S.Hut bersama Anton Sujarwo S.Hut Wakil Administratur Kepala Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH) Bondowoso Selatan serta Horsis Asper KBKPH Sukosari menghadiri peresmian relokasi rumah dan sarana prasarana lingkungan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Perumahan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak bencana bajir di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Dalam peresmian yang berlangsung di kawasan hutan petak 103, dihadiri Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, jajaran Forkopimda serta Forkopimcam Ijen. Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak yang ikut membantu penyelesaian rumah relokasi untuk warga korban banjir Ijen yang terjadi pada tahun 2019/2020 dan awal tahun 2023 yang lalu.

“Saya juga berterima kasih kepada pihak Perhutani yang telah memberikan dukungan penuh dan bersedia menyediakan lahan untuk relokasi warga,” ucapnya.
Khofifah, sapaannya, mengucapkan selamat kepada calon penghuni rumah. “Semoga barokah dan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga. Tolong dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik ya,” himbau Gubernur.

Orang nomor 1 di Pemprov Jatim ini menyempatkan diri berpamitan, karena akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur pada Desember 2023. Pasca Peresmian Ir. Ronny Merdyanto S.Hut saat dikonfirmasi tim media memberikan penjelasan bahwa lahan untuk relokasi bagi warga yang terdampak banjir berada di kawasan hutan petak 103 RPH Blawan BKPH Sukosari KPH Bondowoso seluas 4,63 Ha.

Relokasi tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/260/KPTS/013/202 tanggal 26 Mei 2020. “Kami berharap agar warga betul-betul dapat memanfaatkan lahan relokasi berikut sarpras dengan sebaik-baiknya sesuai peruntukan. Dan kami berharap kedepan tidak terjadi bencana serupa diwilayah Kecamatan ijen ini,” tutupnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button