BondowosoDaerahJawa Timur

Replanting Kopi PTPN 1 Region 5 Bantu Kembangkan BRK Pemkab Bondowoso

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Program replanting penanaman kopi tahun 2023 di Java Coffee Estate PTPN 1 Region 5 bersinergi dengan Palm Co dan Suporting Co PTPN 1V dan PTPN I telah selesai direalisasikan pada bulan Desember.

Heri Suciyoko, Manager Java Coffee Estate Ijen menjelaskan, tahun 2024 diprogramkan 407 ha. Saat ini masih dalam persiapan tanam penaung lamtoro. Program ini selaras dengan pencanangan aksi coorporate BUMN PMO kopi dan menjadikan Bondowoso sebagai Republik Kopi.

“Dengan harapan ke depan, Bondowoso menjadi penghasil kopi specialty yang terbesar dan mendunia. Menjadi salah penyumbang devisa terbesar untuk negara,” jelasnya, Sabtu, [30/12 ].

Replanting, lanjutnya, bukan hanya untuk kepentingan ekonomi, tapi juga untuk perbaikan mikroklimat dan pencegahan bencana longsor yang sering terjadi di Kawasan Ijen.

Ditambahkan, PTPN 1 Region 5 mempersiapkan bibit kopi sebanyak 1 juta bibit cloon unggulan dari Puslit koka Jember. Kalau ini berhasil, maka akan mendukung program Pemkab Bondowoso sebagai Republik Kopi.
Sekedar informasi, kopi jenis robusta dan arabica asal Indonesia kini semakin digandrungi warga dari berbagai negara. Cita rasa yang khas membuat kopi dengan sebutan Java Coffee ini semakin menarik perhatian para penikmat kopi di belahan dunia.

Hal ini terbukti dari tingginya permintaan ekspor kopi ke sejumlah negara. Tak hanya Eropa hingga Amerika, namun juga sudah merambat hingga ke Saudi Arabia.

Permintaan ekspor yang terus konsisten setiap tahunnya semakin meneguhkan bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hingga November 2023, PTPN I Regional 5 yang sebelumnya bernama PT Perkebunan Nusantara XII sudah mengekspor lebih dari 1.300 ton kopi ke berbagai negara.

Mulai dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, Norwegia, Jerman hingga Italia. Jumlah kopi yang diekspor diantaranya kopi arabika sebanyak 601 ton dan kopi robusta sebanyak 792 ton kopi.

Regional 5 PTPN I merupakan salah satu produsen kopi terbesar di wilayah Jawa Timur yang memproduksi Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Kopi ekspor yang sudah ada sejak zaman Belanda ini terkenal dengan brand “Java Coffee”.

Tahun ini PTPN I Regional 5 telah melakukan ekspor kopi arabika sebanyak 601 ton ke beberapa negara, diantaranya Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, Norwegia dan Jerman.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button