GorontaloHeadline

Resmi Dilantik, Ini Pesan Wabup kepada Direktur dan Dewan Pengawas PDAM Bone Bolango yang Baru

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli resmi melantik Ahmad Bahri sebagai Direktur PDAM Bone Bolango (baca:Perumda Tirta Bulango) yang baru untuk masa bhakti 2023-2028, yang berlangsung di Kantor PDAM Bone Bolango, Selasa (10/1/2023).

Ahmad Bahri menggantikan Direktur sebelumnya yaitu Yusar Laya yang telah mundur pada tahun 2022 yang lalu.

Selain melantik Direktur, Srikandi Bone Bolango ini juga melantik Ishak Ntoma sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Bone Bolango untuk masa bhakti 2023-2027.

Dalam sambutannya, Merlan S. Uloli mengingatkan kepada Sang Direktur bahwa tantangan bagi nakhkoda yang baru saat ini terkait permasalahan pengelolaan perusahaan yang harus menjadi perhatian penting kedepannya.

Dikatakan Merlan bahwa manajemen yang tangguh mampu menjadikan PDAM sebagai perusahaan professional yang menjadi kebanggaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yaitu air bersih.

“Kita harus akui bersama bahwa perusahaan kita (PDAM Bone Bolango) sesuai audit kinerja BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo periode 2021 predikat “sakit” dan mengalamai situasi yang sangat sulit dalam pengelolaan maupun kemampuan likuiditas,”kata Dia.

Sehingga, kata Merlan, semua hal yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan harus diminimalisir.

“Meskipun diatas kertas catatan entitas perusahaan kita cukup banyak hal-hal yang kita tidak inginkan seperti penyimpangan yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan dan daerah, tentu hal ini harus diminimalisir seawal mungkin,”imbuhnya.

Merlan menjelaskan bahwa jika dikaitkan dengan seleksi yang telah dilalui dalam rekruitmen calon Direktur, tentu tujuannya jelas untuk mendapatkan calon yang berkompeten, berpengalaman dan berintegritas tinggi agar kedepan mampu membawa perusahaan ke orientasi profit / keuntungan seperti yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah dimana tujuan BUMD adalah memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, menyelenggarakan kemanfaatan umum, penyediaan barang dan jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat berdasarkan tata kelola perusahaan yabg baik serta memperoleh laba dan keuntungan.

“Tujuan diatas dapat direalisasikan jika seorang direktur memenuhi kualifikasi, pengalaman, keahlian, integritas dan moral kepemimpinan, pemahaman atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, memiliki kemauan kuat dan dedikasi tinggi serta mampu mewujudkan misi perusahaan,”urainya.

Merlan menuturkan bahwa beberapa misi perusahaan yang harus dicapai diantaranya adalah pencapaian pelayanan yang memuaskan konsumen dengan mengambil langkah cepat untuk melakukan perbaikan dan revitalisasi jaringan air bersih secara mandiri, mampu mengambil keputusan walaupun tidak populis yaitu meminimalisir jumlah karyawan yang dianggap tidak mampu dan tidak berkinerja agar tidak menjadi beban perusahaan.

Selain itu, Direktur diharapkan melakukan optimalisasi pendapatan melalui rekonstruksi sambungan pelanggan air yang sudah tidak aktif untu diaktifkan kembali dan melakukan pengelolaan manajemen perusahaan yang efektif dan efisien serta mampu menyesuaikan dengan kondisi perusahaan saat ini.

Disamping itu Merlan juga mengingatkan agar Direktur yang baru memiliki kepemimpinan yang sehat dan berwibawa serta memaksimalkan sistem pelaporan dan evaluasi secara periodik 3 bulan sekali kepada Bupati Bone Bolango selaku kuasa pemilik modal.

Merlan mengaku optimis dengan dukungan pengawasan dari Dewan Pengawas yang senantiasa memberikan nasihat, masukan serta pelaporan evaluasi dan monitoringnya kepada Direktur dalam menjalankan pengurusan perusahaan Perumda Tirta Bulango semuanya akan berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu saya meminta kepada Direktur dan Dewan Pengawas yang baru dilantik untuk berkolaborasi dan menyehatkan kembali perusahaan yang saat ini dalam kondisi sakit. Saya yakin saudara-saudara adalah orang terpilih yang dianggap mampu membawa perusahaan kita maju dan mampu bersaing dalam bidang perekonomian,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button