Daerah

Risal Optimis Desa Langda Enrekang Jadi Desa Internasional

 

Beritanasional.ID ENREKANG — Kepala Desa Langda Kecamatan Buntu Batu, Rizal tengah merancang konsep pembangunan Desa bertaraf internasional.

Desa Internasional tersebut dimaksudkan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu selaras visi Enrekang Emas.

Desa Internasional memaksimalkan pengelolaan potensi lokal seperti potensi wisata, kuliner, agribisnis, ekowisata dan potensi lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka pihaknya tengah mempersiapkan segala perangkat yang dibutuhkan baik dari sisi sumber daya manusia (SDM), informasi dan infrastruktur dan segala perangkat yang dibutuhkan.

Di sektor SDM, Rizal akan membuat program peningkatan kapasitas dan skill pembelajaran bahasa Inggris. Kampung Inggris Baraka digandeng bekerjasama dengan menyasar milenial 50 orang.

“Yang paling penting dalam membangun Desa adalah SDM. Sebelumnya kita lakukan pelatihan driver dan Alhamdulillah, lulusannya sudah kerja. Sekarang, ada juga kita kirim ke BLK Makassar untuk mengikuti pelatihan mesin. Tahun depan kita programkan pembelajaran bahasa Inggris,”

Hal tersebut di sampaikan Kades Langda Rizal saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Kamis, 18 November 2021.

Rizal mengatakan,  juga tengah membenahi sistem informasi Desa di wilayahnya. Akan ada penyajian konten informasi dalam dua versi bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan dipublish melalui website Desa, media online, media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan jenis media lainnya, terang Rizal.

Dari segi infrastruktur, pemerintah, Desa Langda  membenahi sektor wisata. Di beberapa titik destinasi wisata dan wisata andalan di Desa Langda dengan kategori wisata Tirta seperti air terjun juga arung jeram.

“Lamami kita garap itu (wisata) tapi karena covid jadi terhambat sedikit,” terang Rizal dalam dialeg bahasa Bugis.

Bentuk lain keseriusan dalam mengembangkan pariwisata di Desanya,  aktif mengutus masyarakat untuk mengikuti berbagai pelatihan.

Antara lain pelatihan pengembangan wisata seperti pelatihan homestay, pelatihan pengembangan Desa wisata, pelatihan inovasi dan higienitas kuliner, pelatihan mitigasi bencana di destinasi bencana, pelatihan pengelolaan toilet dan jenis pelatihan lainnya yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang

Dirinya sangat yakin bahwa konsep pembangunan tersebut akan terwujud dan memberikan dampak positif pada ekonomi  seluruh masyarakat, apalagi wilayahnya merupakan salah satu jalur wisata Latimojong yang sudah banyak dikunjungi wisatawan.

” Intinya, konsep pembangunan yang kita rancangan ini semua untuk dan demi kesejahteraan masyarakat,”  ujar Rizal. (Risal Bakri/Berita Nasional.ID).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button