Daerah

Ruang KIA Puskesmas Yosomulyo Terbakar

Kerugian Materiil Sebesar 50 Juta

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Warga sekitar Puskesmas Yosomulyo, Kecamatan Gambiran dibuat geger karena adanya si jago merah yang melalap kantor pelayanan kesehatan masyarakat tersebut, Kamis (27/2/20) 18.30 WIB.

Salah satu warga bernama Rusmiati (50), Ibu rumah tangga yang tinggal di rumah dinas Puskesmas Yosomulyo, begitu mengetahui terjadinya kebakaran itu pun langsung berupaya menghubungi pihak berwenang.

Dalam keterangannya, pertamakali dia mendengar suara percikan api. Kemudian setelah melihat dan mengecek lokasi yang diduga menjadi sumber percikan api, ternyata dari ruangan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dia melihat nyala api muncul dari belakang ruang KIA.

“Saya teriak teriak minta tolong sambil lari meminta bantuan warga sekitar. Lalu ada warga yang berupaya memadamkan api dengan alat seadanya,” ungkap Rusmiyati dibenarkan Tusilo Mey Widarti (32), warga Dusun Krajan RT 01 RW 01 Desa Yosomulyo.

Sementara warga setempat lainnya, Sugito (45), segera menghubungi PMK Kecamatan Gambiran, yang sekitar 30 menit kemudian sudah datang di TKP.

“Sekira Pukul 19.30 WIB, petugas PMK dari Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Genteng dengan dibantu warga berhasil memadamkan nyala api.

Data yang berhasil dihimpun media ini, barang dan benda yang terbakar diantaranya yaitu 1 unit komputer, alat-alat kesehatan, bangungan fisik berupa atap dan berkas berkas milik Puskesmas Yosomulyo.

Menurut Kapolsek Gambiran, AKP Sumaryata, awal titik api berasal dari belakang ruang KIA tempat penyimpanan sampah dan bekas alat kesehatan yang sudah terpakai.

“Alhamdulillah tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini kebakaran gudang KIA Puskesmas Yosomulyo ini,” ucapnya.

Dalam keterangan lainnya, Kapolsek AKP Sumaryata memprediksi, penyebab kebakaran berasal dari konsleting arus pendek listrik.

“Kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp. 50.000.000,-,” tandasnya. (red) 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button