DaerahJawa Timur

Sebuah Ruko di Wonosari Terbakar Akibat Puntung Rokok

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kebakaran melanda sebuah rumah toko (Ruko) milik warga Desa Wonosari Rt14/04 Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso tadi malam, Selasa 17/4 2023 sekitar jam 19.00 WIB. Akibatnya Ruko milik lelaki Hasan – B. Nia hanya menyisakan kerangka bangunan.  Seluruh perabotan rumah tangga ludes terbakar.

Kepala Satpol PP dan Damkar,  Slamet Yantoko, S.Sos, MM mengatakan, penyebab kebakaran diduga disebabkan oleh puntung rokok. “Api diduga bermula dari puntung rokok dan mengenai botol bensin di depan toko milik Pak Hasan,” jelas Slamet Yantoko,  yang juga mantan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Bondowoso kepada BeritaNasional.ID, Selasa 18/4 2023.

“Percikan api dari puntung rokok kemudian membesar, dikarenakan saat itu kondisi angin cukup kencang. Sehingga api semakin besar dan merembet ke bangunan toko,” lanjut Slamet

Warga sekitar berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya. Namun usaha tersebut tak mampu memadamkan api yang terlanjur besar dan tak terkendali. “Api dengan cepat meluas ke rumah pemilik,” ujarnya.

Api, lanjutnya, menjadi semakin parah karena di dalam rumah ada jeriken berisi bensin, sehingga api semakin membesar. Mengetahui kondisi api semakin membesar dan dikhawatirkan merembet ke bangunan lainnya, warga setempat kemudian menghubungi Damkar Satpol PP Bondowoso.

“Warga saat itu menghubungi Damkar. Kemudian proses pemadamannya dibantu oleh Damkar Satpol PP Bondowoso,” terang Slamet. Proses pemadaman membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit, dengan menerjunkan 3 unit Damkar, 4 Personil Polsek, Koramail 3 , dan masyarakat.

“Proses pemadamannya lancar, tidak ada kendala. Kami ke lokasi membawa 3 unit Damkar dan dibantu anggota Polsek, Koramil, Pemerintah Desa, dan warga setempat,” pungkas mantan Camat Wonosari. (Zainul Muhamin)

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button