Ragam

Rumkit dr. Abdul Malik Sosialisasikan Pencegahan Virus COVID-19 Kepada Seluruh Personel Lanud Soewondo

BeritaNasional.ID Medan – Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara dr. Abdul Malik Lanud Soewondo, Mayor Kes dr. Whiko Irwan D., Sp,B memberikan sosialisasi tentang virus corona kepada seluruh personel baik Militer dan PNS bertempat di Shelter Lanud Soewondo, Kamis (12/3/2020).

Karumkit menyampaikan bahwa, Corona virus telah masuk ke Indonesia, lebih 27 orang telah diketahui menderita penyakit ini. Bahaya Covid-19 mudah menular melalui droplet dan dapat menyebabkan kematian. Menyikapi hal ini RSAU dr. Abdul Malik Lanud Soewondo melaksanakan sosialisasi Covid -19 guna memberikan pengetahuan kepada seluruh personel agar para personel dan Keluarga besar Lanud Soewondo tidak tertular penyakit ini.

Tanda klinis penderita Covid -19 antara lain : demam, batuk dan sesak nafas. Bila seseorang menderita tanda diatas dan ada riwayat bepergian keluar negeri atau kontak dengan penderita Covid-19 maka patut dicurigai yang bersangkutan tertular penyakit ini.

Virus Corona menular melalui droplet, virus akan masuk melalui mukosa mulut, hidung dan mata, berkembang dan menimbulkan tanda klinis di atas sampai menimbulkan gejala yang berat seperti sesak nafas. Droplet yang mengkontaminasi tangan, saat tangan mengusap wajah maka akan beresiko mengkontaminasi mulut, hidung dan mata.

Selanjutnya disampaikan juga tentang upaya untuk pencegahan tertularnya Virus Corona yaitu menerapkan perilaku pola hidup bersih sehat (PHBS) dengan cara , antara lain :
1. Mencuci tangan dengan benar supaya bersih.
2. Menggunakan masker di tempat umum
3. Menghindari kontak tangan dengan wajah.
4. Menghindari tempat atau daerah yang ada penderita Covid-19.

Karumkit juga juga menyampaikan Call Center Penanggulangan Covid -19 di kota medan yang dimotori oleh tim yg dibentuk Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara, serta Rumah Sakit rujukan penanganan virus corona. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab seputar virus corona.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button