Eks Keresidenan Madiun

Rutan Magetan Sembelih 6 Hewan Kurban

BeritaNasional.ID, Magetan, Jatim – Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, seluruh umat Islam memperingati Hari Raya Idul Adha dan melaksanakan perintah Allah SWT untuk berkurban. Perintah tersebut tertuang dalam sejumlah ayat di dalam Al Qur’an, salah satunya surah Al Kautsar ayat 2 yang artinya “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah”.

Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Kamis (29/6/2023). Untuk merayakannya, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Sholat Ied bersama Warga Binaan di lapangan Rutan. Bapak Sutrimo dari Kementerian Agama Kab. Magetan bertindak sebagai Imam dan Khatibnya. Tak hanya itu, Rutan Magetan juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Rutan Magetan menerima 6 ekor kambing pada Idul Adha kali ini. Keenam ekor kambing tersebut 2 ekor diantaranya berasal dari Pemerintah Kabupaten Magetan, 1 ekor dari Polres Magetan, 1 ekor dari Kepala Rutan, 1 ekor dari Kepala Pengamanan Rutan, serta 1 ekor lainnya dari pihak pemborong bahan makanan.

Setelah diterima, pihak Rutan lantas mengelola hewan-hewan kurban tersebut untuk disembelih dan dimasak. Prosesi pengelolaan hewan kurban melibatkan langsung Warga Binaan dengan tetap dibawah pengawasan dari Kepala Rutan, pejabat struktural, anggota penjagaan serta petugas yang piket.

Gulai dan sate kambing menjadi menu utama yang disajikan. Setelah masak, menu tersebut langsung didistribusikan kepada seluruh Warga Binaan untuk dinikmati bersama.  (ik/hms)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button