BrebesJawa TengahPendidikan

Sabet Juara II pada Lomba Krenova Kabupaten Brebes 2023, Inilah Inovasi Mahasiswa Akper Al Hikmah 2 Brebes

BeritaNasional.ID | BREBES, JATENG – Akademi Keperawatan (Akper) Al Hikmah 2 Brebes berhasil menorehkan prestasi dalam lomba Krenova yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes.

Tim Krenova Akper Al Hikmah 2 Brebes meraih Juara II berdasarkan hasil penilaian lomba Krenova Kabupaten Brebes oleh Baperlitbang Kabupaten Brebes.

Tim Krenova Akper Al Hikmah 2 Brebes yang beranggotakan Ikhtimam Farhan Abdi Saputra, Putri Cahya Ningtyas dan Wafa Hilmi Hamidah berhasil meraih Juara II dengan inovasi “Syco Hero sahabat anak dalam menurunkan kecemasan saat prosedur injeksi”.

Pengumuman dan penyerahan piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin, S.H., M.H. di Aula Lantai 5 KPT Kabupaten Brebes pada Selasa (27/06/2023).

Esti Nur Janah, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku Pudir III Bidang Kemahasiswaan dan sekaligus pembimbing tim mengatakan, lomba tersebut berlangsung dari 22-25 Mei 2023 dan melalui berbagai tahapan dari mulai pengajuan proposal, pemaparan produk, penilaian hingga pengumuman pemenang.

“Kami bangga memiliki mahasiswa yang kreatif dan inovatif apalagi kami dari Pondok Pesantren yang mana memiliki keberagaman asal daerah sehingga ini merupakan potensi dalam mengembangkan kreatifitas sekaligus perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

“Semoga dapat memacu semangat mahasiswa yang lain untuk berprestasi di level kabupaten, nasional bahkan internasional. Tentunya ini menambah deretan prestasi yang diraih Akper Al Hikmah 2 Brebes. Doakan semoga dari Kabupatan Brebes berhasil meraih juara di tingkat Provinsi,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Zakiudin, SKM, S.Kep., Ns., M.Kes., M.Kep. selaku Direktur Akademi Keperawatan Al Hikmah 2 Brebes mengemukakan Akademi Keperawatan Al Hikmah 2 Brebes selalu mendukung dan memfasilitasi para mahasiswanya untuk mengikuti berbagai perlombaan.

“Kami selalu mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa Akper Al Hikmah 2 Brebes. Selain itu, mengikuti perlombaan merupakan upaya mahasiswa melebarkan kemampuannya berkompetisi dengan yang lain baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” paparnya.

Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin, S.H., M.H., dalam sambutannya menyatakan bahwa Brebes merupakan daerah dengan potensi yang besar.

“Kabupaten Brebes merupakan kabupaten yang kaya akan sumber daya alam dimana terdapat dataran pegunungan dan lautan. Ini merupakan potensi besar untuk membangun kreatifitas. Selain itu berbagai permasalahan di Kabupaten Brebes juga belum semua tertuntaskan. Oleh karena itu, lomba krenova merupakan salah satu upaya meningkatkan IPM kabupatan Brebes” ujarnya.

Sedangkan Ketua Inventor Ikhtimam Farhan Abdi Saputra menjelaskan produk Syco Hero merupakan produk inovasi yang terbuat dari bahan ekonomis yakni boneka kain flanel sebagai sebuah penutup pada syringe/suntikan yang dapat menutupi keberadaan suntikan sehingga diharapkan dapat menjadi media distraksi perhatian anak selama prosedur injeksi.

“Syco Hero merupakan suatu terobosan baru dalam mendistraksi anak terhadap trauma jarum suntik. Selama ini banyak penelitian yang membahas tentang solusi mengatasi rasa kecemasan dan ketakutan anak ketika diinjeksi namun belum ada penelitian yang fokus terhadap produk syringe cover,” jelas Farhan Abdi.

Menurutnya, cara pemakaian Syco Hero adalah langsung memasukkan syringe/spuit/suntikan ke dalam selongsong produk. Prosedur injeksi bagi pasien anak-anak dapat dipresepsikan sebagai pengalaman nyeri yang sangat menyakitkan.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan ketakutan anak terhadap jarum suntik, sehingga dapat membuat prosedur injeksi menjadi tidak kooperatif dan sangat rawan untuk terjadinya insidensi kesalahan kerja. Hal inilah yang melatarbelakangi ide pembuatan Syco Hero (Syringe Cover Hero).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button