Ragam

Sambangi Warga, Bhabinkamtibmas Tegalrejo Wujudkan Poldes ‘Njogo Deso Mbangun Deso’

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Program ‘Njogo Deso Mbangun Deso’ yang dicetuskan sejak tahun 2012 lalu oleh AKBP Nanang Masbudi (Kapolres Banyuwangi waktu itu), hingga kini terbukti ampuh diterapkan oleh polsek jajaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Karena dengan ‘njogo deso’, yang artinya polisi dalam hal ini Polisi Desa (Poldes) atau sejatinya adalah Bhabinkamtibmas yang selalu menjaga wilayah desa binaannya, membuat warga masyarakat desa tersebut merasa aman karena situasi tempat tinggalnya dalam suasana kondusif. Sehingga program ‘mbangun deso’, atau yang bisa diartikan aktivitas kerja warga tidak terganggu membuat sirkulasi ekonomi pun menjadi lebih baik.

Polsek Tegalsari yang dikomandani AKP Bambang Soeprapto pun hingga kini selalu menerapkan program andalan Poldes dengan jargon ‘Mengawal Sinergitas Tiga Pilar’ yang sempat booming dan membawa nama harum Polres Banyuwangi dikancah nasional serta sempat mendapat reward dan ditetapkan sebagai pilot project Poldes di Indonesia oleh Mabes Polri. Bahkan program ‘Sinergitas Tiga Pilar’ pada akhirnya juga diadopsi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Peran Poldes mengawal ‘Sinergitas Tiga Pilar’ ini bisa kita lihat dengan keaktifan Bhabinkamtibmas Desa Tegalrejo Bripka Helman Y, yang merupakan anggota Polsek Tegalsari. Pada Senin malam (23/7/18) sekitar pukul 22.00 WIB, selaku Bhabinkamtibmas dia benar benar ingin memberikan rasa aman dengan mendatangi beberapa tempat yang menjadi tempat berkumpulnya warga.

“Bhabinkantibmas kita ini secara rutin mengunjungi tempat tempat tertentu, seperti warung warung, pertokoan dan tempat berkumpulnya warga. Kedatangannya untuk silaturahmi dan memastikan bahwa desa binaannya aman,” ujar AKP Bambang Soeprapto kepada media ini, Senin malam (23/7/18).

Selain patroli dialogis dengan cara menyambangi tempat berkumpulnya warga, para Bhabinkamtibmas diwilayah hukum Tegalsari secara umum juga melakukan patroli bersama tiga pilar, yaitu kepala desa dan babinsa.

“Ini sebagai perwujudan sinergitas tiga pilar ditingkatan pemerintahan desa. Karena sinergitas tiga pilar ditingkat Forpimka Tegalsari juga berjalan harmonis demi terciptanya situasi Kamtibmas sebagaimana harapan bersama,” pungkas AKP Bambang Soeprapto yang pada saat tercetusnya Poldes dan konsep sinergitas tiga pilar menjabat sebagai Kasubag Humas Polres Banyuwangi. (red)

Caption : Bhabinkamtibmas Desa Tegalrejo, Bripka Helman Y saat patroli dialogis dengan menyambangi warga di malam hari, Senin malam (3/7/18).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close