DaerahJawa TimurReligiSitubondo

Sambut Bulan Ramadhan dan Memperingati Isra Mi’raj, Rutan Situbondo Gelar doa Bersama

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj dan menyabut datangnya bulan suci Ramadhan 1445H/2024, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Jawa Timur, melaksanakan kegiatan doa bersama, Sabtu (09/03/2024).

Doa bersama yang berlangsung di Aula Baharuddin Loppa Rutan Situbondo ini, dihadiri oleh Kepala Rutan Situbondo, Pejabat Struktural, Petugas serta Warga Binaan Rutan Situbondo.

Adapun rangkaian kegiatan doa bersama antara lain pembacaan Tawassul Fi Ummul Qur’an, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Sholatwat Julus dan Qiyam oleh Warga Binaan Rutan Situbondo, sambutan KaRutan, Uraian Hikmah oleh Ustad Dr. Achmad Nur M.A.

Kepala Rutan (KaRutan) Situbondo, Rudi Kristiawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan doa bersama ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT. “Kita harus terus bersyukur, karena masih dipertemukan pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H. Karena pada bulan ramadhan nanti, kita akan penguatan akhlak dan moral sekaligus penanaman nilai-nilai kebaikan pada diri kita semua,” ujarnya.

Kemudian, sambung KaRutan, dalam kegiatan doa bersama tersebut juga dilakukan refleksi diri untuk mengintropeksi dan memperbaiki pribadi sehingga dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi dan dapat berperan dalam menciptakan kedamaian dan kesejahteraan dalam berkehidupan sosial.

Usai doa bersama, seluruh warga Binaan Rutan Situbondo diajak makan bersama-sama seperti tradisi di pesantren. Warga binaan sangat menikmati makan bersama tersebut, dan ada kenikmatan dan kehangatan yang terpancar dalam kegiatan makan bersama ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, rasa toleransi serta kekeluargaan yang telah ada tetap terjaga antara Petugas dan Warga Binaan. Karena dengan kebersamaan ini, maka kita semua akan terus memperkokoh nilai-nilai persaudaraan,” pungkas Karutan Situbondo.

Sekedar diketahui, kegiatan ini telah dilaporkan Karutan Situbondo dan mendapatkan dukungan dari Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono dan memberikan apresiasi atas kegiatan Memperingati Isra’ Mi’raj dan Doa Bersama Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/2024. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button