JabotabekPendidikanRagam

Sambut Hari Pahlawan Komunitas Sepeda lipat, Gelar Bike Berry Daendels Expedition Panarukan – Anyer

BeritaNasional.ID, Jakarta – Banyak ragam dilakukan seseorang baik dari perorangan, komunitas, organisasi maupun instansi dalam memperingati hari Hari Pahlawan setiap 10 November, seperti yang dilakukan oleh Hedona Cyclist comunity Sidoarjo.

Komunitas ini menyambut hari Pahlawan dengan mengayuh sepeda sejauh 1.000 Km Panarukan – Anyer bertajuk “Bike Berry Daendels Expedition” untuk mengenang jasa pahlawan tanpa nama dalam kerja Rodi pembuatan jalan Daendels. Minggu 8/11/2020.

Mewakili Hedona Cyclist comunity Sidoarjo Sartono Atmo Sukarto mengatakan, ‎peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 ini selain dalam mengajak masyarakat berolah raga terutama sepeda lipat, juga untuk mengenang jasa – jasa yang gugur saat kerja Rodi.

“Bangsa kita banyak gugur saat dipaksa kerja Rodi membuat jalan dari Anyer – Panarukan yang berjarak 1.000 km oleh penguasa belanda kala itu Daendels, pada momentum hari Pahlawan ini kami mengenang mereka para pahlawan tanpa nama tersebut dengan bersepeda sejauh 1.000 km,”Jelas Sartono.

Sartono Menambahkan, Daendels Expedition 2020 tersebut juga mempunyai tujuan menjalin silaturahmi dengan pecinta sepeda sepanjang jalur kota yang di lalui dari Panarukan – Anyer.

“Tujuan lainnya untuk meningkatkan silaturahmi dengan pecinta sepeda sepanjang jalur yang akan lalui, menikmati wisata dan kuliner yang ada disepanjang jalur yang nantinya akan kami ceritakan terhadap anak cucu tentang sejarah pembuatan jalan Daendels,”Tambah Sartono.

Meski acara tersebut terhitung ide gila bersepeda lipat ditambah umur beberapa peserta ada yang diatas 50 tahun, Sartono menyebut perjuangan mengayuh sepeda sejauh 1.000 km tersebut tidak berarti apa – apa dibanding dengan saat para pekerja Rodi dipaksa membuat jalan yang terkenal dengan jalan Daendels itu.

“Kita sudah enak sekarang ada jalan dari Serang atau titik nol Anyer – Panarukan, tapi bagaimana bangsa kita berjuang dan berguguran dalam membuat jalan, inilah yang harus diketuhai oleh generasi selanjutnya bahwa berjuang untuk Indonesia sangat sulit,”Ucapnya.

Selama perjalanan Daendels Expedition 2020, Hedona Cyclist comunity Sidoarjo akan mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah yaitu 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Disepanjang jalan kami akan mengkampenyakan 3M dengan mengajak masyarakat patuh dengan anjuran pemerintah, mengingat kasus Positif Covid-19 di Indonesia semakin bertambah setiap hari,”Pungkasnya.

Rombongan Bike Berry Daendels Expedition akan tiba di Surabaya pada 9 november malam, akan memaljutkan perjalan tanggal 10 November dari tugu Pahalawan Surabaya dan diperkirakan akan tiba di Serang titik nol Anyer – Panarukan pada 20 November mendatang.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button