Jawa TimurProbolinggo

Sambut Kunjungan Kerja Gubenur, Dandim Probolinggo Bersama Sejumlah Pihak Membahas Kebakaran Di Area TNBTS

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM- Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto turut menyambut kedatangan gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang melakukan kunjungan kerja di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di wilayah Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/9).

Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan bahwa kunjungan kerja oleh Gubenur Jawa Timur tepatnya di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo telah dalam rangka meninjau kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Selain jajaran forum kordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Kabupaten Probolinggo, kedatangan gubenur disambut sejumlah pihak terkait dan tokoh masyakarat tengger yang kemudian menuju ke Kantor Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk melaksanakan meeting bersama pejabat terkait dalam rangka penanganan kebakaran hutan.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa kbakaran hutan di kawasan Bromo adalah fenomena tahunan, dengan adanya kejadian kebakaran hutan ini untuk wisata di kawasan Bromo ditutup sementara dan semoga segera dapat teratasi,” kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Dandim menambahkan sebelumnya pihaknya sudah mewanti wanti untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang merupakan fenomena tahunan, kami sudah bersinergi dengan pihak terkait untuk mencegah penyebaran api termasuk diantaranya diadakan piket untuk memonitoring kebakaran hutan.

“Dalam kebakaran ini Polres Probolinggo juga
sudah menetapkan 1 orang tersangka penyebab kebakaran di taman Savana Bukit Teletubbies, Kami bertindak secara prosedural dan bersinergi dengan semua pihak terkait,”ujarnya.

Lebih lanjut perwira abituren tahun 2002 ini menegaskan bahwa hasil dari kordinasi yang telah dilakukan bahwa Pemeritah Provinsi akan dilakukan pembahasan yang lebih kohenprensif di kawasan Bromo yang mengalami kebakaran dengan.

“Ada beberapa skema yang telah dibahas salah satunya rencana akan menggunakan helikopter BNPB dalam pelibatan utk pemadaman api sebagai salah satu langkah dalam penanganan penanggulangan kebakaran,”tuturnya

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button