Eks Keresidenan Madiun

Sartono Gelontorkan Bantuan Paket Pompa Air Senilai 14 Milyar Untuk Petani Ponorogo dan Magetan

BeritaNasional.ID, Ponorogo –  Kementriaan ESDM dan  Sartono Hutomo, Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Partai Demokrat Dapil Jawa Timur VII mendistribusikan paket mesin pompa air kepada ribuan petani di Ponorogo dan Magetan Jawa Timur

Tidak tanggung-tanggung, total bantuan paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk mesin pompa air tersebut senilai 14 milyar rupiah untuk dua Kabupaten

“Ini ihtiyar kami bersama Kementrian ESDM untuk membahas program-program yang memberikan manfaat untuk masyarakat,” jelas Sartono Hutomo saat sambutan di Balai Desa Balong, Kamis (12/10/2023).

Lebih lanjut, dengan pendistribusian Pompa air tersebut, diharapkan mampu membuat para petani lebih maju serta sejahtera.

“Karena penyangga ketahanan pangan negara ini adalah petani. Semoga dengan program disel ini, mampu memajukan para petani. Baik itu penerima manfaat, ataupun lingkungan sekitar,” harapnya.

Sartono menambah, pompa air bahan bakar gas diklaim mampu menghemat biaya dibanding dengan pompa air berbahan bakar minyak. Hal itu bisa menjadikan biaya operasional lebih minim.

“Perbandingan bahan bakar gas ini, 1 berbanding 8. Jadi bisa menghemat biaya 80% daripada bahan bakar minyak. Tadi setelah uji coba, dalam 1 jam penggunaan, jika dirupiahkan pemakaian BBG sekitar 3.000 rupiah. Hal itu berbanding jauh dari BBM yang mencapai 14.000 rupiah,” jelas Sartono disambut tepuk tangan meriah para petani yang hadir.

Usai penyerahan secara simbolis, Sartono Hutomo, berkesempatan langsung mencoba mesin pompa air tersebut. Sartono tampak tidak kesulitan, lantaran mesin pompa dengan bahan bakar gas tersebut sangat mudah untuk di gunakan. Sekalipun orang yang baru pertama kali memakainya. (*/ik)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button