Kalimantan Barat

Satlantas Polres Sekadau Sosialisasikan Materi Ujian Praktik SIM Terbaru di SMA Karya

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Satlantas Polres Sekadau, mengadakan sosialisasi materi ujian praktik SIM terbaru di SMA Karya Sekadau, jalan Merdeka Selatan, desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (31/8/2023) pagi pukul 07.00 WIB.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di lapangan SMA Karya Sekadau. Para pelajar diberikan penjelasan lebih lengkap mengenai materi ujian praktik SIM terbaru dan langsung melakukan sesi praktik.

Kasat Lantas Polres Sekadau, IPTU Pandi, menjelaskan bahwa pemberlakuan materi ujian praktik SIM terbaru telah dilakukan sejak tanggal 7 Agustus 2023. Dalam skema baru ini, lapangan ujian praktik telah diubah menjadi bentuk sirkuit.

Dalam sirkuit tersebut, terdapat empat tahap uji, yaitu keseimbangan atau pengereman, kelokan U dan S, serta uji reaksi. Beberapa perubahan juga dilakukan, seperti mengganti ujian zig-zag dan belokan membentuk angka delapan menjadi lintasan berbentuk huruf “S”.

“Tujuan dari perubahan ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengikuti ujian praktik SIM tanpa mengabaikan faktor keselamatan. Konsep baru ini didasarkan pada hasil survei dan studi banding yang dilakukan oleh pimpinan Polri dengan negara-negara tetangga,” ungkap IPTU Pandi.

Respons dari para pelajar SMA Karya Sekadau sangat positif, mereka menyatakan bahwa ujian praktik SIM menjadi lebih mudah setelah adanya perubahan tersebut. Dewan guru dan para pelajar juga mengapresiasi upaya Satlantas Polres Sekadau dalam menyosialisasikan perubahan ini.

Lebih lanjut, Kasatlantas Polres Sekadau menyatakan bahwa pihaknya akan mensosialisasikan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar yang ingin mencoba maupun mengikuti pelatihan terkait perubahan ini. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mempermudah memberikan pelayanan bagi masyarakat pemohon SIM. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button