DaerahJawa TimurSitubondo

Satlantas Polres Situbondo Fasilitasi Pembuatan SIM D Untuk Anggota PPDiS

BeritaNasional.id – SITUBONDO JATIM – Polres Situbondo memfasilitasi anggota Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo (PPDiS) dalam pembuatan SIM D di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Kabupaten Situbondo, Kamis (20/7/2023).

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, didampingi Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Suwarno mengatakan bahwa, teman teman Difabel juga mempunyai hak yang sama untuk memilik SIM. “Semua masyarakat punya hak yang sama dijalan, oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian dengan teman-teman Difabel, kami memfasilitasi Pembuatan SIM D,” jelas Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto melalui Kasatlantas AKP Suwarno.

AKP Suwarno mengungkapkan, dengan kepemilikan SIM D tersebut diharapkan tidak ada kendala saat teman-teman Difabel berkendara dijalan raya, sehingga nyaman dan aman. “Teman-teman difabel tetap mengikuti prosedur dalam pembuatan SIM walaupun ada kelonggaran, tapi tetap kita test, baik test digital maupun test berkendara seperti umumnya,” kata Kasat Lantas Polres Situbondo.

Lebih lanjut, Kasat Lantas Polres Situbondo mengatakan, ada 20 anggota PPDiS yang diundang untuk membuat SIM D. Namun, hanya 10 Orang yang hadir. “Lainnya berhalangan hadir karena ada kegiatan. Pemohon SIM D dari teman-teman Difabel untuk roda 2 dan 3,” jelas Kasat Lantas.

Sementara itu, Ketua PPDiS Luluk Ariyantiny mengaku senang dengan program Polres Kabupaten Situbondo khususnya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) tersebut. “Alhamdulillah Polres Kabupaten Situbondo memfasilitasi PPDiS dalam pembuatan SIM D. Pemohon SIM D bagi teman-teman Difabel sesuai dengan prosedur yang ada,” ujarnya.

Luluk menambahkan bahwa, program tersebut merupakan bukti bahwa Polres Situbondo peduli dengan teman-teman Difabel, memberikan hak yang sama dalam berkendara di Jalan Raya. “Tadi kami tetap mengikuti prosedur mendapatkan SIM D, seperti tes berkendara dan tes komputer, tidak ada yang dibedakan namun tetap diprioritaskan dalam kepengurusannya,” kata Luluk.

Tak hanya itu yang disampaikan Luluk, namun dia mengucapkan terima kepada Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto yang sudah peduli terhadap teman-teman Difabel dengan cara memberikan hak yang sama dan tidak membeda-bedakan.

“Saya berharap Polres Situbondo kedepannya bisa mengadakan workshop atau diklat mengenai semua hal tentang hukum untuk teman-teman Difabel. Semoga PPDiS bisa terus berkolaborasi dengan Polres Kabupaten Situbondo, baik dengan program pelatihan maupun workshop,” pungkas Ketua PPDiS. (Asad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button