DaerahJawa TimurPendidikanSitubondoTNI Dan Polri

Satlantas Polres Situbondo Gelar Program Ngobras, Ajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, – Satlantas Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan program Ngobras atau Ngobrol Bareng Polantas dengan para sopir, ojol dan masyarakat umum ini berlangsung di warung kopi depan Stadion Gelora Mohammad Saleh Kabupaten Situbondo, Rabu (5/7/2023).

Keterangan yang disampaikan Kasat Lantas AKP Suwarno mengatakan bahwa, sosialisasi terkait kamseltibcarlantas dilakukan dengan cara humanis dan menarik simpatik masyarakat, sehingga apa yang disampaikan Polantas tentang mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

“Dalam obrolan santai tersebut, petugas juga menguji pengetahuan masyarakat dengan cara memberikan beberapa pertanyaan seputar tertib lalu lintas, termasuk peralatan yang harus disiapkan sebelum berkendara seperti helm dan surat kendaraan. Dengan obrolan santai ini, diharapkan kita lebih mudah menyampaikan pesan pesan kamtibmas khususnya dibidang lalu lintas,” jelas Kasat Lantas AKP Suwarno.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H mengatakan program Ngobrol Bareng Polantas, merupakan bagian dari Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) yang dilaksanakan secara berkelanjutan kepada para pengguna jalan, komunitas masyarakat dan juga di sekolah serta universitas, para pelajar serta mahasiswa dengan harapan dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Dikmas lantas ini penyampaian himbauan kepada masyarakat, sopir, ojol, dan pejalan kaki agar berhati-hati dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas ketika sedang berkendaran seperti mengecek kendaraan sebelum digunakan dan kelengkapan surat-surat kendaraan, serta pemahaman terhadap rambu rambu lalu lintas dan marka jalan,” terang AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Dari kegiatan Ngobras ini, sambung Kapolres Situbondo, diharapkan masyarakat mampu mentaati rambu rambu lalu lintas ketika berkendara dan saling menghargai sesama pengendara saat berada di jalan raya. “Program Ngobras ini diharapkan bisa semakin menyadarkan masyarakat dalam berlalulintas,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dalam kegiatan Ngobras ini mendapat sambutan baik dan masyarakat berterimakasih atas sosialisasi tertib lalu lintas serta pembagian helm, tas, jas hujan gratis dari Satlantas Polres Situbondo. Masyarakat sangat antusias bertanya tentang sosialisasi yang di berikan, terutama tentang pengurusan SIM dan pajak kendaraan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button