DaerahJawa TimurSitubondoTNI Dan Polri

Satpolairud Polres Situbondo Gelar Gerakan Sapu Bersih Sampah Tepi Laut

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan pantai yang bersih, Satpolairud Polres Situbondo melakukan Gerakan Sapu Bersih sampah laut di lingkungan pantai Pelabuhan Kalbut Desa Tanjung Pecinanan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jumat (26/01/2024).

Gerakan sapu bersih sampah laut dipimpin langsung oleh Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH bersinergi dengan lintas sektoral dan masyarakat sekitar serta tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Pelabuhan Kalbut ini, salah satu upaya mengedukasi masyarakat tepi pantai agar selalu hidup bersih.

Keterangan yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH melalui Kasatpolairud Polres Situbondo menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Kakorpolairud Baharkam Polri, untuk mendukung  pengelolaan kebersihan di lingkungan pinggiran pantai. Kegiatan ini merupakan kewajiban semua elemen masyarakat untuk mengimplementasikan kemanfaatan lingkungan bagi masyarakat sekitar dan mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran laut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan penyadaran tentang bahaya pencemaran laut kepada masyarakat dan mendorong masyarakat untuk berperan dalam pengendalian pencemaran dengan memilah sampah organik dan sampah non organik,” terang Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa.

Tak hanya itu yang disampaikan AKP Gede Sukarmadiyasa, namun dia menjelaskan Pelabuhan Kalbut dipilih untuk lokasi bersih sampah, karena Pelabuhan Kalbut tempat sandarnya kapal nelayan milik masyarakat setempat, sehingga perlu diperhatikan kebersihannya agar tidak terlihat kotor.

“Apabila lingkungan kelihatan bersih, maka masyarakat yang berada di tempat tersebut juga nyaman dan kebetulan juga Pos SAR Satpolairud Polres Situbondo juga berada di lingkungan Pelabuhan Kalbut yang dikelola oleh KSOP Panarukan, sehingga kita wajib pedulikan lingkungan,” pungkas Kasatpolairud Polres Situbondo.

Mardi (40) salah satu pedagang yang berjualan di Pelabuhan Kalbut mengatakan sangat mendukung kegiatan sapu bersih sampah pantai yang dilakukan oleh Satpolairud Polres Situbondo. “Kegiatan sapu bersih sampah laut ini, sangat mengedukasi kami selaku pedagang,” ujarnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button