DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Satsamapta Polres Situbondo Amankan 3 Kilogram Serbuk dan Ribuan Selongsong Petasan

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Menjelang hari raya Idul Fitri Satsamapta Polres Situbondo melakukan operasi rutin yang ditingkatkan. Dari operasi tersebut, anggota Satsamapta Polres Situbondo berhasil mengamankan barang bukti serbuk petasan dan Hermadi (46) warga Desa Wringinanom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Selasa (11/3/2023).

Operasi Rutin yang ditingkatkan tersebut, dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Situbondo AKP Sudpendi dan berhasil mengamankan barang bukti bahan atau serbuk petesan seberat 3 kilogram, serbuk sumbuh petasan seberat 2 kilogram, kapur, belerang dan arang.

Selain itu, petugas Satsamapta Polres Situbondo juga berhasil mengamankan barang bukti ratusan sumbu petasan, ratusan selongsongan kosong berbagai ukuran, ratusan petasan berbagai ukuran siap di ledakan, dan sejumlah peralatan untuk membuat petasan. “Ketika dilakukan penggerebekan, pemiliknya sedang mengisi serbuk petasan ke dalam selongsongan kosong,” jelas Kasat Satsamapta Polres Situbondo AKP Sudpendi.

Lebih lanjut, AKP Sudpendi mengatakan, terungkapnya pelaku sedang membuat petasan berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat. “Kegiatan rutin yang ditingkatkan, menjelang hari raya Idul Fitri ini, sasarannya penyakit masyarakat, minuman keras dan para pembuat petasan,” tuturnya.

Sehari sebulum ada laporan, sambung AKP Sudpendi, Hermadi merupakan target operasional. “Sehari sebelumnya ada laporan dari masyarakat jika Hermadi membuat petasan, Satsamapta telah mengendusnya. Bahkan, saat dilakukan penggerebekan. Dan ketika dilakukan penggrebekan dia sedang mengisi serbuk petasan ke dalam selongsongan kosong,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata AKP Sudpendi, Hermadi dan barang buktinya diamankan ke Polres Situbondo. “Untuk proses hukum lebih lanjut, kita menyerahkan pelaku ke Satreskrim Polres Situbondo. “Pengungkapan kepemilikan bahan atau serbuk petasan ini, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya korban akibat ledakan petasan,” pungkas AKP Sudpendi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button