DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Sebanyak 274 Pelajar SMKN 1 Panji di Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

BeritaNasional – SITUBONDO JAWA TIMUR, – Sebanyak 274 pelajar SMKN 1 Panji telah di vaksin Covid-19 dosis pertama oleh vaksinator Puskesmas Panji dan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. Salah satu tujuan vaksinasi tersebut, untuk menciptakan herd immunity dikalangan pelajar, Rabu (4/7/2021).

Vaksinasi yang berlangsung di ruang pertemuan ed Hotel Lotus SMKN 1 Panji tersebut, dihadiri Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj.Khoirani, Kasi Intel Kejari Situbondo, Sugiono Eksantoso Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur wilayah kerja Situbondo-Bondowoso, Kepala Sekolah SMKN 1 Panji Suprihartono, Kepala Puskesmas Panji Bagus Sulaksono dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Nyai.Hj Khoirani mengatakan, semangat para pelajar untuk ikut vaksinasi ini sangat tinggi dan tanpa ada paksaan dari orang tuanya maupun para guru. “Para siswa sangat antusias untuk ikut vaksinasi Covid-19. Para orang tua yang mendampingi anaknya vaksin juga sudah memahami tentang manfaat vaksin Covid-19,” jelas Wabup Situbondo.

Alasan para siswa-siswi diharuskan vaksin, sambung Wabup Situbondo, untuk membentuk herd immunity pelajar. Karena setiap sekolah pasti menimbulkan kerumunan yang bisa menjadi sumber penyebaran Covid-19. “Saya berharap adik-adik pelajar nantinya bisa menjadi pioner yang mampu memberikan penjelasan kepada kedua orang tuanya agar ikut vaksinasi Covid-19,” tuturnya.

Dilain pihak Kepala Sekolah SMKN 1 Panji, Suprihartono menjelaskan, dewan guru di SMKN 1 Panji sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ke 2. “Alasan pemberian vaksinasi kepada pelajar sebagai salah satu usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah.

“Vaksinasi Covid-19 yang disuntikkan kepada pelajar Sinovac dengan target 350 siswa dan siswi SMKN 1 Panji. Kami juga berharap kepada media agar memberikan informasi edukasi kepada masyarakat agar paham pentingnya vaksinasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Suprihartono menjelaskan, untuk sementara SMKN 1 Panji mendapat jatah vaksin dari Provinsi Jatim oleh Gubernur sejumlah 1000 siswa dan pada pagi ini sudah dipersiapkan sebanyak 350 siswa yang mengikuti vaksin periode pertama. Dari jumlah 350 pelajar yang divaksin baru 274 pelajar sudah mendapat vaksin dosis pertama. Sisanya, masih menunggu penjadwalan vaksinasi dari Dinas Kesehatan Situbondo melalui Puskesmas Panji.

“Jumlah total siswa di SMKN 1 Panji sebanyak 2.178 siswa, Insya’Allah semingu atau 2 minggu kedepan vaksinasi dosis pertama di SMKN 1 Panji bisa selesai. Saya berpesan kepada semua siswa mau mengikuti vaksinasi Covid-19, karena nanti pada pembelajaran tatap muka (PTM) siswa dan siswi harus menunjukkan sartivikat vaksin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Panji Bagus Sulaksono menjelaskan, dari 350 pelajar SMKN 1 Panji yang dipersiapkan untuk di vaksin Covid-19, hanya ada 274 pelajar yang berhasil di vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama. Sisanya akan dilaksanakan vaksin pada periode berikutnya.

“Alhamdulillah, vaksinasi Covid-19 Sinovac dosis pertama untuk pelajar SMKN 1 Panji berlangsung aman dan saat observasi selama 30 menit tidak ditemukan tanda-tanda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Untuk vaksinasi di SMKN 1 Panji pada periode selanjutnya, kita masih menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo,” jelas Bagus.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bagus, namun dia juga sangat berharap pelajar di wilayah Kecamatan Panji yang berusia 12 hingga 17 tahun mau mengikuti vaksin Covid-19 agar terbentuk herd immunity di kalangan pelajar. “Walaupun para pelajar nantinya sudah mendapat vaksin semua. Namun jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 dimanapun berada,” sarannya.

Wabup Situbondo didampingi Kepala Puskesmas Panji dan Kabid pada Dinas Kesehatan (Heru/BeritaNasinal)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button